Gus Ipul Ajak Umat Islam Indonesia Terus Jalin Ukhuwah

H Saifullah Yusuf (santrinews.com/dok)

Surabaya – Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama (PBNU) H Saifullah Yusuf menyatakan, umat muslim di Indonesia memiliki kontribusi besar dalam menjaga kerukunan antarumat beragama di Tanah Air. Bahkan, solidaritas dan kerukunan itu dicontoh oleh negara-negara lain.

Gus Ipul – panggilan akrab pria yang juga menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengajak umat Islam di Tanah Air untuk terus membangun solidaritas dan menjalin Ukhuwah Islamiyah.

“Kerukunan antarumat beragama sangat baik karena Islam ikut menjaga dan memelihara perdamaian. Mari perkuat Ukhuwah Islamiyah untuk menjaga Tanah Air dan membela bangsa sendiri, NKRI, yang kemerdekaannya diraih dengan susah payah oleh para ulama di masa lalu,” ujarnya saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Akbar Surabaya, Senin, 26 Januari 2015.

Karena itu, menurut dia, keutuhan NKRI yang diraih dengan taruhan nyawa serta tumpah darah para ulama, kiai, dan pejuang ini wajib hukumnya dijaga dan dipertahankan. Tidak perlu jauh-jauh ke negara lain untuk ikut berperang dan bergabung dengan gerakan kelompok radikal. “Pertahankan NKRI wajib hukumnya,” tegasnya.

Umat Islam di Indonesia, lanjut dia, sejatinya adalah umat yang sangat beruntung karena memiliki Tanah Air yang merdeka, suasana aman, nyaman, kondusif serta kehidupan antarsesama dan antarumatnya berjalan harmonis.

“Belum tentu negara lain seperti di sini. Kita bisa lihat banyak saudara-saudara Muslim yang negaranya sedang dilanda peperangan sehingga mereka tidak bisa melaksanakan ibadah dengan tenang,” tandasnya. (saif/ahay)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network