Hindari Konflik Negatif, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal Secara Tertutup

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan keterangan pers usai sidang Itsbat Penentual Awal Ramadlan 1436 H / 2015 M (santrinews.com/aktual)

Jakarta – Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal pada Senin, 4 Juli 2016. Sidang isbat akan digelar secara tertutup untuk menghindari komentar negatif publik.

“Ini sama seperti saat menentukan awal Ramadan,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Machasin, Ahad, 3 Juli 2016.

Machasin mengatakan kementeriannya bakal melibatkan beberapa pihak dalam sidang isbat tersebut. Seperti ahli astronomi, ahli falak, beberapa pemimpin masjid Islam, duta besar negara sahabat atau perwakilan, dan tim pengamat hisab dari Kementerian Agama.

Dalam penentuan awal Ramadan, Kementerian Agama juga menggelar sidang Isbat secara tertutup. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hal itu dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman teknis dalam menentukan awal bulan puasa.

Selain itu, sidang digelar tertutup untuk meminimalkan dampak negatif dan menghindari kesalahpahaman pihak yang belum mengetahui prosedur penetapan awal bulan puasa. Gelaran sidang tertutup juga didasarkan pada masukan berbagai organisasi masyarakat Islam. (us/tempo)

Terkait

Nasional Lainnya

SantriNews Network