Nasional

KPK Resmi Tetapkan Romy Tersangka Suap Jual Beli Jabatan

...
Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romy di mobil tahanan KPK usai ditetapkan tersangka suap (santrinews.com/detik)

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romy sebagai tersangka kasus suap jual beli jabatan.

Romy tampak keluar dari Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 16 Maret 2019, sekitar pukul 11.58 WIB dengan mengenakan rompi tahanan berwarna jingga.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Romy selanjutnya akan menjalani masa penahanan untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut. “Ditahan di Rumah Tahanan K4 KPK,” ujarnya.

Baca juga: Ulama PPP Jateng Tolak Kepemimpinan Romy

Romy bersama empat orang lain terjaring dalam operasi tangkap tangan oleh KPK di depan Hotel Bumi Surabaya, Jawa Timur, Jumat pagi, 15 Maret 2019.

Di antara empat orang itu terdapat Kepala Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanuddin, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik M Muafaq Wirahadi.

KPK menyita sejumlah uang dari lokasi operasi tangkap tangan. Nilai uang itu sekitar seratusan juta rupiah.

Febri mengungkapkan, uang tersebut terkait pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kementerian Agama. KPK juga menemukan lebih dari sekali transaksi keuangan terkait pengisian jabatan tersebut.

“Tim KPK mengamankan lima orang setelah diduga terjadi transaksi yang kesekian kalinya. Jadi, kami duga ini bukan transaksi pertama,” ujar Febri.

Febri mengatakan pihaknya akan membeberkan status tersangka serta barang bukti dan kronologis OTT pada konferensi pers di Gedung KPK, Sabtu siang, 16 Maret 2019.

“Hasil dan barang bukti akan kami sampaikan pada konferensi pers,” ujarnya. (us/hy)