Pilpres 2019

Kiai Maruf Amin Gaet Suara Santri Milenial

Jakarta – Bakal calon wakil presiden KH Ma’ruf Amin menilai sosoknya bersama Joko Widodo sudah cukup untuk menggaet suara milenial. Menurut Kiai Ma’ruf, dirinya bersama Jokowi punya perbedaan dalam menggaet pemilih milenial.

“Kalau milenial yang nonsantri cukup dengan Pak Jokowi dengan gayanya naik motor, berjaket, kemudian tampilan-tampilan Pak Jokowi cukup,” kata Kiai Ma’ruf di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 1 September 2018.

Kiai Ma’ruf melanjutkan sosoknya juga berpotensi menggaet kaum milenial. Berbeda dengan Jokowi, Ma’ruf merasa dirinya mampu menggaet milenial dari kalangan santri.

“Tapi kalau milenial santri cukup ke saya. Semua milenial kita ambil, yang santri dan nonsantri,” imbuhnya.

Selain itu, Kiai Ma’ruf mengaku bertekad membantu Jokowi dalam rangka meletakkan dasar pijakan landasan runway sampai 2024 Indonesia tinggal landas untuk bangun kesejahteraan dan tidak ada lagi konflik-konflik ideologis.

“Sudah disiapkan landasan dalam menyongsong arus baru ekonomi Indonesia sehingga tidak ada lagi disparitas antara pusat dan daerah,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden untuk mendampinginya di Pilpres 2019. Jokowi menyebut sosok Kiai Ma’ruf Amin sebagai tokoh agama yang bijaksana.

“Prof KH Ma’ruf Amin adalah sosok tokoh agama yang bijaksana, beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia,” kata Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis petang, 9 Agustus 2018.

“Dalam kaitannya dengan kebinekaan, Prof Dr KH Ma’ruf Amin juga menjabat Dewan Pengarah Badan Pengembangan Ideologi Pancasila.”

Oleh sebab itu, sosok Kiai Ma’ruf Amin dinilai bisa melengkapi Jokowi di Pilpres 2019. “Menurut saya kami saling melengkapi, nasionalis-religius,” ujar Jokowi. (us/dtk)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network