Politik

Prabowo-Sandi Raih 1.877 Suara di TPS Pesantren Dalwa, Jokowi-KH Maruf Hanya 9 Suara

...

Pasuruan – Pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang telak di 4 TPS yang berada di sekitar Pondok Pesantren Darul Lughah Wadda’wah (Dalwa), Desa Raci, Bangil, Kabupaten Pasuruan. Bahkan di salah satu TPS pasangan Jokowi-KH Ma’ruf tak meraih satu pun suara alias nol.

Misalnya, di TPS 13 Prabowo-Sandi meraih 501 suara. Sedangkan pasangan Jokowi-KH Ma’ruf tak mendapatkan suara atau 0 (nol). Ada 2 suara tak sah

Prabowo-Sandi juga unggul telak di TPS 14 Desa Raci, dengan perolehan suara sebanyak 506. Sedangkan Jokowi-KH Ma’ruf hanya mendapat 6 suara. Ada 2 suara tak sah di TPS ini.

Di TPS 15 Desa Raci, Prabowo-Sandi menang menyakinkan dengan suara sebanyak 366. Sementara Jokowi-KH Ma’ruf mendapat 1 suara. Tercatat 3 suara tak sah.

Begitu juga di TPS 16 Desa Raci, Prabowo-Sandi menyapu bersih dengan 504 suara. Sedangkan Jokowi-KH Ma’ruf hanya mendapat 2 suara.

Ketua PPS Desa Raci, Samsul Arifin menjelaskan, ada 4 TPS yang didirikan khusus untuk santi putra dan putri Pondok Pesantren Dalwa, yaitu TPS 13,14,15 dan 16.

TPS 13 dan 14 untuk santri putra. TPS 15 berisi santri campuran putra dan putri. Sedangkan TPS 16 untuk santri putri,” kata Samsul.

Menurut Samsul, 4 TPS di Pesantren Dalwa itu berisikan para santri yang berasal dari luar Jawa Timur, sehingga hanya mencoblos untuk surat suara pemilihan presiden.

Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan, Winaryo Sujoko, menjelaskan, jumlah pemilih di TPS sekitar Pesantren Dalwa mencapai 400-500 lebih karena merupakan TPS tambahan atau disebut TPS DPTb (Daftar Pemilih Tambahan).

Disebut TPS DPTb karena hampir keseluruhan pemilih, termasuk dalam pemilih pindahan atau pemegang A5. Pemilih di TPS tersebut merupakan para santri Dalwa.

TPS DPTb sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan KPU pusat yang menyatakan untuk pemilih DPTb terkonsentrasi, boleh sampai 500 orang,” kata Winaryo.

Pengasuh Pesantren Dalwa Habib Zainal Abidin termasuk diantara para habaib dan kiai yang menyambut Sandiaga saat safari politik di Pasuruan pada Februari 2019 lalu. Mereka diantaranya Habib Abu Bakar bin Hasan Assegaf, Habib Muhammad bin Taufiq Assegaf, KH Abdullah Zaini Besuk, KH Abdulloh Saukat Siroj Sidogiri, KH Fuad Nor Hasan Sidogiri, KH Nur Mujayyin Kejeron, dan KH Asnawi Fauzan Nguling. (hol/onk)