Pilpres 2019

Polisi Amankan Ribuan Formulir C1 Diduga Untungkan Prabowo-Sandi

Jakarta – Ribuan kertas diduga formulir C1 asal Boyolali diamankan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tetapi, isi C1 itu disebut berbeda dari hasil rekapitulasi di TPS. Formulir C1 itu memenangkan pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Ada ribuan surat yang diamankan,” kata Ketua Bawaslu DKI Muhammad Jufri, saat dikonfirmasi, Senin, 6 Mei 2019.

Jufri menjelaskan ribuan surat tersebut didapat saat polisi dari Polres Jakarta Pusat, melakukan operasi lalu lintas, pada Sabtu, 3 Mei 2019, pukul 10.30 WIB. Saat operasi ada mobil Daihastu Sigra, lalu diberhentikan.

“Begitu dibuka ada dua kardus, di luar kardusnya ada tulisan C1 Kabupaten Boyolali,” ujarnya. Kemudian surat itu dibawa ke Bawaslu DKI Jakarta Pusat.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu Jakarta Pusat, Roy Sofia Patra Sinaga saat dikonfirmasi merinci setidaknya ada 2.006 formulir C1 yang telah diamankan.

Salinan itu dimasukkan ke dalam kardus putih. “Ada juga kardus cokelat 1.671. Diduga menguntungkan 02,” katanya. “Kardus putih berisi 2.006 C1 dan kardus coklat 1.761 C1,” sambungnya.

Roy menegaskan, isi formulir C1 itu berbeda dengan hasil rekapitulasi di TPS. “Misalkan suara 01 100 suara dan 02 50, di C1 yang kita dapatkan 01 50 dan 02 100. Tanda tangan saksi juga berbeda karena kita juga cek berapa TPS lewat KPU berbeda,” ungkapnya.

Bawaslu DKI kemudian menugaskan Bawaslu Jakarta Pusat untuk melakukan investigasi. Bawaslu Jakpus saat ini masih menginvestigasi keaslian formulir C1 tersebut. “Masih kita lakukan investigasi,” tambahnya.

Dari foto Bawaslu Jakpus, tampak kardus itu bertuliskan ‘Kepada Yth Bapak Toto Utmo Budi Santoso Direktur Satgas BPN PS Jl Kertanegara No 36 Jakarta Selatan’ dan ‘Dari Moh Taufik Seknas Prabowo-Sandi Jl HOS Cokro Aminoto no 93 Menteng Jakarta Pusat’ (us/onk)

Terkait

Politik Lainnya

SantriNews Network