Buku

Dasar Memahami Tauhid Bagi Anak

Senin, 21 Juli 2014 01:28 wib

...

Judul: Tauhid For Teens; Bermula Dari Tauhid Kembali Kepada Tauhid
Penulis: Hamid Muhammad
Penyunting: Irwan Kurniawan
Penerbit: Marja
Cetakan: I, Mei 2014
Tebal: 148 hlm
ISBN: 979-24-5754-2
Peresensi: M Yusuf

SEJAK dini, anak-anak perlu diperkenalkan dengan pengetahun teologi (tauhid). Argumen itu kiranya tak usah kita diragukan lagi, mengingat untuk memahami nilai dasar Islam adalah iman. Dengan berlandaskan keimanan, seorang anak akan mendapat bimbingan yang benar agar arah pikirannya dapat memahami sang Maha Pencipta. Tujuan dari itu sebagai fondasi dasar untuk melanjutkan keislaman dan keihsanan.

Begitu penting nilai-nilai keimanan diperkenalkan kepada anak. Tanpa diperkenalkan, ia akan mencoba terus mencarinya. Bagi orangtua tidak usah khawatir jika anak pada usia sepuluh tahun banyak bertanya tentang Tauhid. Misalnya, tentang muasal kehidupan. Bagaimana bumi ini tercipta? Pertanyaan tentang asal-usul kelahirannya?

Seluruh pertanyaan itu tidaklah menakutkan ketika orangtuanya harus memberi jawaban. Bahkan tidak usah memberi rasa takut kepada anak.

Oleh karenanya, cara yang paling jitu dengan menjawab semua pertanyaan anak terkait dengan Tauhid itu. Lebih pentingnya, mengarahkan si anak hingga daya keimanannya semakin yakin kepada Allah Yang Maha tinggi. Tentu saja dengan cara yang paling sederhana agar anak dapat menyerap pengetahuan tentang Tauhid.

Apa yang semestinya dibaca untuk meyakinkan pertanyaan si anak? Baiknya, merujuk pada Al-Quran dan hadis sebagai landasan keimanan dan keislaman. Dengan metode menyederhanakan seluruh rujukan yang mengatakan bahwa Allah sebagai sumber dari sumber dan alam semesta ini sebagai ciptaan-Nya.

Tidak hanya itu, banyak tanda-tanda kekuasaan-Nya yang harus diberikan landasan pengetahuan bagi anak. Selain segala sifat yang dimiliki oleh Allah.

Dari itu pula, dapat dikatakan gagasan Hamid Muhammad untuk menulis buku Tauhid for Teens ini sangat tepat. Ia menyajikan buku ini sebagai upaya memberi pengantar bagi pembaca””terutama orangtua dan anak””untuk mengenal dasar-dasar keimanan dalam agama.

Untuk orangtua, buku ini bisa dibacakan bersama-sama dengan anak. Untuk anak, buku ini bisa dibaca sendiri, kalau sulit memahami bisa berdialog dengan guru agama dan orangtuanya.

Sebagai pedoman mengenal Tahuid, bahasa dalam buku ini sangat logis dan rasional. Penggunaan dalil dari teks Al-Quran dan hadis diharmoniskan dengan logika. Intinya, agar dapat diserap dengan baik””tidak menyesatkan nalar. Ditambah pula penjelasan teks dari Al-Quran dan hadis merupakan penyempurna pembahasan agar rasional.

Tauhid for Teens, menjelaskan tentang Tauhid, Kenabian, dan Kepemimpinan, Hari Kebangkitan, dan Keadilan Ilahi dalam satu untaian benang merah. Semuanya bermula dari Tauhid dan kembali kepada Tauhid.

Wacana dalam buku ini merupakan salahsatu sumber yang mungkin bisa memberikan pengantar bagi pembaca untuk mengenal dasar-dasar keimanan dalam agama. Meski ditujukan untuk pemula, namun cocok juga dibaca oleh manula. Pembahasannya dengan bahasa yang logis dan rasional mudah dipahami oleh berbagai kalangan. []

M Yusuf, Pustakawan, tinggal di Yogyakarta.