Buku

Mengungkap Misteri Wisma Wisteria

Sabtu, 23 November 2013 21:59 wib

...

Judul : Sherlock Holmes (Misteri di Wisma Wisteria)
Penulis : Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit : Laksana
Tahun : Juli 2013
Tebal : 207 halaman
ISBN : 978-602-7968-13-4
Peresensi : Zaitur Rahem

SIR Arthur Conan Doyle adalah sebuah nama yang memiliki catatan penting dalam dunia pengungkapan hukum dan kriminalitas. Nama ini sudah terkenal dan bahkan menempati urutan pertama di belantika para pengungkap kasus-kasus kriminal.

Di tangan Sir Arthur Conan Doyle semua kasus kejahatan bisa diungkap. Meski dalam prosesnya terkadang harus dilakukan dengan cara berdarah-darah. Apalagi di saat kasus yang dihadapi tersebut melibatkan pihak elit dengan kekuatan material yang sangat banyak. Para detektif sekelas Sir Arthur Conan Doyle harus memutar otak agar bisa melewati masa-masa itu dengan baik dan tetap berpihak terhadap jalur kebenaran.

Novel kali ini termasuk catatan penting dari seorang detektif Sir Arthur Conan Doyle dalam mengungkap sejumlah kasus kriminal. Kasus kejahatan kelas tinggi yang sulit diungkapkan hanya dalam rentang waktu yang sangat cepat.

Sir Arthur Conan Doyle berhasil mengungkap dan menyelesaikan misteri kejahatan ini dengan cantik dan memuaskan. Meski, dalam uraian pengungkapannya sulit dilukiskan dengan bahasa. Kasus kali ini adalah misteri kejahatan yang terjadi di sebuah apartemen kelas elit yang dikenal dengan wisma Histeria.

Pada kasus kali ini Sir Arthur Conan Doyle berhadapan dengan tokoh kejahatan yang juga memiliki kelihaian dan kecerdasan dalam menyembunyikan semuan tindak kejahatannya. Sir Arthur Conan Doyle dibuat putar kepala berulang kali untuk menyelesaikan kasus kejahatan kali ini.

Namun, bukan Sir Arthur Conan Doyle kalau tidak mampu melawan kejahatan yang tersembunyi. Karena tekad dan keberaniannya serta pengalaman selama mengungkap sejumlah kasus kriminalitas ini, misteri kejahatan di wisma Wisteria akhirnya terkuak.

Novel ini berkisah dua kasus kriminalitas yang menegangkan. Selain ada kisah tragis anarkhis, yaitu jatuhnya korban jiwa, juga ada sejumlah pihak yang sebelumnya baik terlibat dalam praktik kasus kejahatan ini.

Membaca buku ini seperti memasuki dunia nyata dalam sebuah petualangan kasus kriminalitas. Alur cerita yang diwakili tokoh Sir Arthur Conan Doyle sangat menyentuh.

Tidak sekedar menyentuh, akan tetapi membuat bulu kulit merinding. Sangat menegangkan dan mengharu biru. Sehingga, wajar jika membaca sejumlah karya Sir Arthur Conan Doyle ini akan tergoda untuk membaca sampai usai. Selamat membaca! (*)

Zaitur Rahem, dosen pada Fakultas Tarbiyah INSTIKA dan STITA Sumenep. Alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya.