Daerah

Cegah Corona, Santri Pesantren Al Islam Ikuti Edukasi Pola Hidup Sehat

Minggu, 22 Maret 2020 00:30 wib

...
Ketua Yayasan Al Islam, Ramli Anwar (kanan) memberikan arahan kepada santri pada kegiatan sosialisasi kesehatan di Pesantren Al Islam di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu, 18 Maret 2020 (santrinews.com/antara)

Gorontalo – Puluhan santri Pondok Pesantren Al Islam mengikuti sosialisasi dan edukasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) terkait dengan pencegahan virus Corona atau COVID-19 oleh Puskesmas Telaga Biru di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Ketua Yayasan Al Islam, Ramli Anwar mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

“Kami melakukan ini seiring adanya imbauan dari Gubernur dan juga Bupati mengenai tindakan pencegahan wabah virus COVID-19 agar anak-anak dapat mengetahui bagaimana cara mencegahnya,” kata Ramli Anwar, Rabu, 18 Maret 2020.

Ia menjelaskan pihak yayasan mengundang pemerintah daerah, khususnya Puskesmas Telaga Biru untuk memberikan pengetahuan kepada santri bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat, mencuci tangan yang baik dan benar serta sistem penularan virus Corona.

“Selain itu kami juga memberikan penyanitasi tangan (hand sanitizer) kepada santri untuk dapat digunakan agar terhindar dari virus ataupun bakteri lainnya,” kata Ramli Anwar.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Telaga Biru Sunarti Ismail mengatakan materi sosialisasi yang diberikan berupa pengenalan mengenai virus Corona, seperti gejalanya dan bagaimana mencegahnya.

“Hal mendasar yang harus diketahui oleh para santri yaitu pola hidup sehat dan kebersihan diri sendiri seperti cuci tangan,” katanya.

Sunarti pun mengimbau jika sudah ada gejala-gejala seperti terkena virus COVID-19 agar segera menghubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Usai pelaksanaan sosialisasi tersebut, pihak yayasan bersama personel Polres Gorontalo menyemprotkan cairan disinfektan ke kamar para santri, ruang kelas hingga fasilitas lainnya. (ant/red)