Daerah

Cegah Corona, Pesantren Diminta Setop Kunjungan

Selasa, 24 Maret 2020 14:30 wib

...

Tabalong – Kepala Polsek Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Inspektur Polisi Satu Mochamad Ariwibowo, memberikan sosialisasi ke pondok pesantren guna mengedukasi para santri dan pengasuh dalam pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Kalau bisa pondok pesantren tiadakan kunjungan dulu untuk sementara waktu sampai situasi kondusif dari wabah virus corona,” kata Ariwibowo saat mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bintang Ara, Tabalong, Selasa, 24 Maret 2020.

Menurut dia, langkah mengisolasi diri sendiri dan kelompok penting dilakukan karena wabah Covid-19 cepat sekali penularannya dari satu orang ke orang lainnya.

“Jadi kami khawatir, dari orang luar yang berkunjung ada yang terpapar corona. Kemudian menularkan ke lingkungan pesantren sehingga lebih baik mencegah daripada menyesal kemudian,” ujarnya.

Apalagi wilayah Kecamatan Bintang Ara berbatasan langsung dengan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Sehingga daerah yang menjadi perbatasan alias pintu masuk ke Kalimantan Selatan itu cukup rawan dari segala hal tak terkecuali virus corona yang kini mewabah.

“Kalimantan Tengah saat ini ada dua pasien positif Covid-19. Sementara di Kalsel ada satu positif. Tolong masyarakat termasuk pondok pesantren tidak menyepelekan penyakit ini. Kita harus waspada,” ujarnya.

Selain itu langkah sederhana yang wajib dilakukan saat ini, di antaranya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, membiasakan cuci tangan, menjaga jarak dengan teman serta menggunakan masker khususnya bagi yang sedang sakit seperti flu atau batuk.

Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Ariwibowo yang mewakili Kepala Polres Tabalong, AKBP Muchamat Muchdori juga memberikan sumbangan hasil sedekah Jumat Berkah anggota Polsek Bintang Ara berupa pengeras suara masjid yang diterima oleh pengurus pondok pesantren, Ustadz Ziki. (ant/red)