Daerah

Pulang Kampung ke Sidoarjo, 125 Santri Sidogiri Jalani Tes Antisipasi Corona

Kamis, 02 April 2020 20:30 wib

...
Santri Sidogiri asal Sidoarjo jalani pemeriksaan oleh petugas Polresta Sidoarjo (santrinews.com/antara)

Sidoarjo – Petugas Dokkes Polresta Sidoarjo Jawa Timur melakukan pengecekan kesehatan santri asal Sidoarjo yang baru pulang dari Pondok Pesantren Sidogiri, dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur Kombes Pol Sumardji mengatakan terdapat 125 santri yang datang dari Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.

“Begitu datang di halaman parkir Masjid Agung Kabupaten Sidoarjo, para santri tersebut dicek kesehatan mereka, salah satunya untuk mengetahui suhu tubuh santri tersebut,” kata Sumardji, Kamis, 2 April 2020.

Dia mengatakan, santri tersebut diangkut menggunakan bus, kemudian mengikuti proses pengecekan saat turun dari bus di halaman parkir Masjid Agung Kabupaten Sidoarjo.

“Proses yang mereka ikuti antara lain screening suhu tubuh, penyemprotan disinfektan melalui tenda antiseptik, cuci tangan menggunakan cairan pembersih serta wajib menggunakan masker,” katanya.

Satu per satu, kata dia, seluruh santri yang datang maupun pengurus pondok pesantren yang turut mendampingi, juga tidak luput dari pemeriksaan kesehatan dari Dokkes Polresta Sidoarjo.

“Kedatangan para santri Ponpes Sidogiri ini dalam rangka libur kegiatan pendidikan di pesantren,” ujarnya.

Setelah melalui berbagai SOP kesehatan antisipasi penyebaran Covid-19 dari Dokkes Polresta Sidoarjo, kemudian dijemput keluarga atau wali santri dibawa pulang.

“Kepada para santri ini, kami imbau supaya melakukan karantina di rumahnya masing-masing, dan apabila ada keluhan sakit supaya segera periksa ke rumah sakit atau klinik terdekat dan koordinasi dengan perangkat desa setempat,” tukasnya.

Untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat, ujar dia, petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur memasang baliho yang berisikan larangan supaya tidak ke luar rumah.

Imbauan ini disampaikan, guna mendukung upaya Polresta Sidoarjo yang beberapa hari melakukan patroli kerumunan massa agar segera bubar dan baiknya kembali ke rumah masing-masing.

“Selain terus berpatroli, kami juga menyebar baliho imbauan di rumah saja kepada masyarakat. Tujuan masyarakat dapat memahami bahwa upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona dapat cepat teratasi,” pungkasnya. (ant/red)