Daerah

Banyak Calon Bermunculan, Alumni: Kami Khawatir Hanya Latah

Sabtu, 28 Desember 2013 12:24 wib

...
Baliho beberapa calon ketua umum PMII Jatim, di sekitar Hotel Bromo View Probolinggo (dok/santrinews.com)

Surabaya – Bermuculannya banyak calon ketua umum dalam Konkoorcab XXI PMII Jawa Timur, mendapat apresiasi dari mantan ketua umum Pengurus Koordinator Cabang PMII Jatim 2009-2011, Mukafi Makki.

“Pertama, ini berarti banyak kader potensial atau figur yang siap membangun PMII Jatim,” kata Mukafi Makki, Sabtu, 28 Desember 2013.

Menurut dia, calon pemimpin PMII harus memiliki integritas, loyalitas, dan kapabilitas. “Itu yang terpenting yang harus dimiliki,” tegasnya.

Namun di sisi lain, Mukafi mengaku khawatir kemunculan banyak calon itu hanya latah atau sekadar nyalon.

“Kami khawatir hanya latah, tapi tidak punya gagasan yang dibisa dikembangkan lebih jauh,” katanya.

Ditanya soal bagaimana PMII Jatim ketika dihadapkan pada tahun politik 2014, dia menegaskan agar pengurus PMII mengurangi hasrat terlalu tinggi untuk terlibat langsung dalam politik. Sebab, menurutnya, independensi PMII harus tetap dijaga.

Lebih lanjut dia menegaskan, pengurus PMII tidak masalah untuk tetap selalu membangun komunikasi dengan alumni yang terlibat aktif langsung dalam dunia politik. “Tidak masalah selama demi kepentingan masyarakat,” tukasnya.

“Syahwat politiknya ditahan dulu karena bukan waktunya,” imbuh mantan Presiden BEM IAIN Sunan Ampel Surabaya ini seraya mengakhiri. (hero/ahay)