Daerah

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Sumenep Terjunkan Tim Cek Kesehatan Hewan Kurban

Senin, 27 Juli 2020 13:00 wib

...
Petugas memeriksa hewan di Pasar Pamolokan Sumenep (santrinews.com/istimewa)

Sumenep – Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban.

“Sebanyak 32 orang tim dan tenaga medis khusus kesehatan hewan mulai tersebar,” kata Sekretaris DKPP Sumenep, Khaeru Ahmadi, disela memantau pemeriksaan hewan kurban di Pamolokan dan Jalan Lontar, Kecamatan Kota Sumenep, Senin, 27 Juli 2020.

Baca juga: Ikhbar PBNU: Idul Adha 1441 Hijriah Jumat 31 Juli 2020

Ahmadi mengatakan, tim yang terdiri dari paramedis dan dokter hewan itu diterjunkan sejak 11 Juli 2020 lalu. Mereka disebar di setiap kecamatan. Hingga sekarang belum ditemukan hewan ternak yang sakit.

Tim diterjunkan guna memastikan hewan kurban baik yang di pasar maupun di penampungan hewan kurban dalam keadaan sehat. Tim medis akan diterjunkan tiap hari hingga pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.

“Kami mengimbau para pedagang hewan ternak secara berkala untuk tidak melakukan perawatan yang sekiranya nanti merugikan pada hewan itu sendiri,” ujarnya.

Ia menambahkan, tim yang diterjunkan untuk membantu para tenaga medis atau dokter hewan di lapangan sebelumnya telah dilatih dan mendapatkan sertifikat.

Baca juga: Surat Edaran Pemkot Tangerang: 8 Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha

“Untuk hewan yang keluar air mata mungkin itu kena debu atau kena pakan. Kami intruksikan segera dibersihkan saja, tidak masalah,” pungkasnya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1441 H, jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. (rus/jaz)