Daerah

KH Ahmad Mukri Aji Kembali Pimpin MUI Kabupaten Bogor 2020-2025

Rabu, 02 September 2020 23:30 wib

...

Bogor – KH Ahmad Mukri Aji kembali diperacaya sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor periode 2020-2025.

Kiai Mukri terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) X MUI Bogor yang berlangsung di Aula Dharmais, Sukaraja, Bogor, Rabu, 2 September 2020.

Kiai Mukri Aji pertama kali memimpin MUI Kabupaten Bogor pada 2005. Saat ini merupakan periode keempat.

Musda juga KH Makmur Jawawi sebagai ketua dewan pertimbangan MUI Bogor. Sidang dipimpin Sekretaris Umum MUI Jawa Barat KH Rafani Akhyar.

MUI memiliki peran yang sangat strategis, ulama dan umara harus merapatkan barisan, saling menguatkan untuk mempertahankan NKRI. Karena Indonesia lahir melalui ikhtiar dari santri dan ulama,” kata Kiai Mukri Aji usai terpilih.

Ketua Dewan Pimpinan Harian MUI Kabupaten Bogor Saepudin Mukhtar alias Gus Udin mengaku bersyukur acara Musda X tersebut berjalan lancar, terlebih di tengah pandemi Covid-19.
Ia mengaku panitia sudah mendapatkan persetujuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor menggelar acara, karena dianggap memenuhi aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam Perbup No 52 tahun 2020.

“Kami mendapat arahan Khusus dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten, diantaranya adalah kapasitas ruangan harus kurang dari 50 persen dan hanya tiga jam,” kata Gus Udin.

Di tempat sama, Bupati Bogor Ade Yasin mengapresiasi peran MUI di Kabupaten Bogor selama ini. Ia mengaku terbantu dengan masukan dari para ulama dalam menjalankan program-program Pemkab Bogor.

“Saya tidak mau pemerintah berjalan sendiri, ulama berjalan masing-masing. Saat menentukan keputusan dan kebijakan saya selalu meminta masukan kepada para alim ulama, sehingga hanya di Kabupaten Bogor ada Muspida plus ditambah dengan MUI,” kata Ade. (ant/red)