Daerah

Tenggelam di Pulau Putri, Tiga Penumpang Kapal Boat Berhasil Diselamatkan

Senin, 15 Maret 2021 12:30 wib

...

Batam – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Pangkalan PLP Tanjung Uban membantu penyelamatan tiga orang penumpang boat pancung yang tenggelam di perairan Pulau Putri, Batam, pada Ahad malam, 14 Maret 2021.

Kepala Pangkalan PLP Tanjung Uban, Capt Handry Sulfian menjelaskan evakuasi tersebut berhasil dilakukan berkat informasi cepat dari Stasiun Vessel Traffic Services (VTS) Center Batam Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang yang langsung melaporkan kejadian pada KSOP Batam.

Informasi tersebut langsung diteruskan kepada pangkalan yang tengah berpatroli. Yakni Kapal Patroli KN Rantos P 210.

“Menerima info bahwa ada sebuah kapal boat pancung yang mengalami tenggelam di perairan Pulau Putri dan melakukan komunikasi dengan VTS terkait informasi adanya kapal boat pancung yang mengalami tenggelam di perairan Pulau Putri,” Handry, Senin, 15 Maret 2021.

“Dari hasil informasi dari Batam VTS bahwa benar ada sebuah kapal boat pancung yang mengalami tenggelam,” sambungnya.

Dari laporan awal tersebut, Kapal Motor Penumpang (KMP) Lome berhasil menermukan dan mengevakuasi satu korban selamat.

“Laporan kejadian pukul 19.55 WIB KMP Lome menemukan satu orang penumpang yang tenggelam dan meminta tolong,” ujarnya.

Handry menambahkan, penumpang tersebut akhirnya dievakuasi dan dinaikkan ke KMP Lome sambil menunggu kedatangan Kapal Patroli KN Rantos P 210 yang langsung meluncur ke lokasi setelah mendapat laporan.

“KN Rantos menjemput korban yang berada di KMP Lome. Semua informasi ini dari VTS Batam yang beraksi cepat dan langsung merespon laporan awal dari KMP Lome,” lanjutnya.

Sementara itu, dua korban lainnya ditemukan dan dievakuasi oleh penjaga menara suar Nongsa Disnav Tanjungpinang bersama masyarakat setempat.

Seluruh korban kemudian dievakuasi dan dibawa menuju Pelabuhan Bintang 99 Batu Ampar guna dilakukan evakuasi lanjutan.

“Alhamdulillah semua korban selamat berkat laporan dan aksi cepat penyelamatan dan evakuasi,” pungkasnya. (red)