Daerah

Kakumdam V Brawijaya Pimpin Upacara HUT TNI secara Virtual

Rabu, 06 Oktober 2021 07:30 wib

...

Malang – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-76, pada Selasa, 5 Oktober 2021, Kakumdam V/Brawijaya Kolonel Chk R. Deltanto SD, S.H., M.H. mengikuti upacara bersama seluruh Anggota, yang berlangsung di Lapangan Upacara Kumdam V/Brawijaya, Malang secara Virtual.

Kakumdam V/Brawijaya memimpin langsung jalannya upacara ini, dengan mengusung tema tahun ini yaitu, “Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang”.

Dalam upacara secara Virtual tersebut Kakumdam V/Brawijaya mendengarkan amanat yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo, “atas nama Rakyat, Bangsa dan Negara saya menyampaikan Selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia, penghargaan Negara setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan”.

“Sampai dengan hari ini, kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi Covid-19, bila diibaratkan sebagai perang melawan Virus Covid-19 saat ini seperti perang berlarut. Perang yang sangat menguras tenaga, pikiran, mental dan semangat juang. Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI,” lanjutnya.

TNI selalu menunjukkan profesionalisme di setiap penugasan dalam kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk alutsista yang telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang telah diberikan.

“Penguatan strategis bagi prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan, yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat, dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif dengan pertahanan berlapis dan memanfaatkan lompatan teknologi militer serta investasi pertahanan yang terencana,” terangnya.

Selama pelaksanaan kegiatan dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan dengan mengatur jarak dan menggunakan Masker sesuai penekanan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Suhariyanto, guna mencegah penularan Covid-19 di wilayah Jawa Timur yang mulai terkendali saat ini sehingga mampu mencapai level I. (red)