Daerah

MTQ XXIX Jatim di Pamekasan Diharapkan Menginspirasi Tingkat Nasional

Senin, 25 Oktober 2021 08:30 wib

...

Pamekasan – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur Husnul Maram berharap pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Jawa Timur 2021, dapat berjalan sukses dan lancar.

Tidak hanya sukses, melainkan juga bisa menginspirasi bagi pelaksanaan MTQ tingkat nasional.

“Kita harapkan betul-betul dilaksanakan dengan penuh inspirasi untuk pelaksanaan MTQ Nasional mendatang,” kata Husnul Maram saat menghadiri Soft Launching MTQ Jatim 2021, di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Ahad, 24 Oktober 2021.

Baca juga: Pamekasan Siapkan 12 Venue MTQ XXIX Jatim, Panitia: 80 Persen Sudah Rampung

Soft Launching MTQ XXIX Jatim 2021 secara resmi dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan didampingi Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. MTQ XXIX Jatim 2021 akan dilaksanakan pada 2-11 Nopember 2021 di Kabupaten Pamekasan.

Turut hadir jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan. Di antaranya Sekda Pamekasan Totok Hartono, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Tejo Baskoro dan Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto. Juga hadir Majelis Ulama Indonesia (MUI), para camat, dan tokoh masyarakat.

Husnul Maram meminta agar pelaksanaan MTQ Jatim 2021 berjalan dengan sportif sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta dari tiap kafilah dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Total ada 1.300 orang terdiri dari 7 cabang lomba dan dibagi menjadi 24 golongan.

“Artinya kami sangat menginginkan juara MTQ ini betul-betul mereka yang memiliki kemampuan. Sehingga nantinya dapat menjadi gambaran untuk pelaksanaan MTQ tingkat nasional,” tegasnya.

Baca juga: Ini Daftar 47 Pondok Pesantren di Sumenep Penerima Bantuan Sanitasi MCK Tahap III

Dengan demikian, lanjut dia, pelaksanaan MTQ Jatim 2021 dapat menjadi spirit bagi kafilah Jatim di ajang MTQ tingkat nasional.

“MTQ Di Maluku Utara, Jatim mendapat juara 2 tingkat nasional. Jauh lebih tinggi dari sebelumnya yang berada di urutan 15,” ujarnya.

“Kita berharap nantinya Kafilah Jawa Timur pada ajang Nasional dapat meraih juara umum, mudah-mudahan jadi juara satu pada ajang tingkat nasional,” pungkasnya. (red)