Daerah

Ansor Bangkalan Protes Buku “Makam Wali Berhala”

Jum'at, 19 September 2014 20:39 wib

Bangkalan – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, mengecam isi buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang menyebut makam wali berhala. Pasalnya, tulisan tersebut sangat tidak mendasar.

Bahkan, GP Ansor mendesak pemerintah supaya menarik kembali buku SKI kurikulum 2013 ini, yang terlanjur disebarluaskan kepada siswa atau masyarakat. Jika tidak ditarik, maka keberadaannya bisa meresahkan masyarakat.

“Intinya kami sangat mengecam atas isi tersebut. Isi yang sangat mengganggu karena tidak berdasar,” kata Ketua GP Ansor Kabupaten Bangkalan, KH Hasani Zubair Muntasyor, Jumat 19 September 2014.

Ia seperti dilansir Okezone, menilai, tulisan dalam buku tersebut semacam fitnah keji dan dapat menyulut konflik karena berkaitan dengan keyakinan.

“Kami sangat menyayangkan buku itu lepas dari pengawasan yang berwenang. Seharusnya ini dapat dicegah bila pengawas bekerja serius dan sungguh-sungguh, sehingga kesalahan fatal ini tidak sampai beredar ke masyarakat,” paparnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap pemerintah segera menarik buku SKI 2013. Ansor juga meminta pada yang berwenang untuk lebih teliti dalam pengawasan isi atau konten buku, yang dapat menimbulkan keresahan tersebut.

“Kami menginginkan kasus ini tidak terjadi lagi pada masa mendatang, karena sangat membuat masyarakat resah,” pungkasnya. (mam/onk)