Daerah

Sinergikan Kemampuan Akademis dan Spiritual

Sabtu, 25 Mei 2013 20:49 wib

...
Siti Rafika Hardhiansari (Abdul Hady JM/SantriNews.com)

Surabaya – Direktur Pusat Pemberdayaan Masyarakat Fika Center Surabaya Siti Rafika Hardhiansari mengatakan, pendidikan punya peran sangat vital dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Bagi dia, peradaban bangsa yang bermartabat hanya bisa terwujud bila ditopang dengan kemajuan pendidikan.

Hal itu disampaikan Rafika Hardhiansari, saat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (Rakerwil IPM) Jawa Timur, di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Sabtu 25 Mei 2013.

Dalam Rakerwil bertajuk ‘Optimalisasi Pendidikan Pelajar untuk Kemajuan Bangsa’ itu, ia tampil menjadi pembicara bersama Wahyudi, mantan anggota DPR RI.

Krisis multi dimensi yang hingga saat ini mendera bangsa Indonesia, menurut dia, kuncinya ada pada pendidikan.

“Puncaknya krisis moral. Terbukti, banyak pemimpin kita yang terseret dalam jebakan korupsi. Ini berarti ada yang salah dengan pendidikan kita,” tegasnya.

Menurut Fika – panggilan akrabnya, pendidikan sejatinya bukan hanya untuk mengejar gelar atau intelektualitas. Melainkan juga kemampuan emosional, sosial dan spiritual.

“Juga pendidikan spiritual dan moral. Buat apa pintar dan gelar banyak, jika moralnya bobrok,” tandas Fika yang juga Ketua PUAN Jatim ini.

Ia menegaskan, optimalisasi pendidikan pelajar untuk kemajuan bangsa, itu harus diawali dari diri sendiri dengan menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia.

Karena itu, lanjut dia, penambahan kurikulum pelajaran agama dan budi pekerti menjadi cukup mendesak. “Dengan akhlak dan moral akan lahir pelajar yang bisa diharapkan menjadi pemimpin di masa depan,” katanya.

“Ini semua dibutuhkan kerjasama antara guru sebagai pendidik, wali murid dan pemerintah,” imbuh dia seraya mengakhiri. (ahay/saif).