Daerah

TK Al Hikmah Kenalkan Literasi Sejak Dini

Minggu, 16 November 2014 20:36 wib

...
Para siswi TK Al Hikmah sedang asyik menggambar berdasar pengalaman masing-masing (santrinews.com/dok)

Surabaya – Cara berbeda diterapkan guru-guru TK Al Hikmah dalam mendidik siswa mencintai literasi. Sekolah favorit yang berada di Gayungsari, Surabaya ini, sejak dini sudah mengajari anak didiknya menerbitkan buku karya sendiri.

Tentu saja, karena masih anak-anak, buku yang mereka terbitkan tidak berupa kumpulan tulisan, melainkan berupa cerita bergambar. Tema cerita yang ditulis sangat beragam. Ada tentang pengalaman perjalanan dari rumah ke sekolah, kisah tentang liburan, hingga fenomena sosial kenaikan harga BBM.

Kepala Sekolah TK Al Hikmah, Novia Argarini mengatakan, sekolahnya tidak menuntut anak didiknya harus bisa membaca dan menulis, apalagi sampai harus membuat buku.

“Kami lebih berperan sebagai pendamping anak-anak mengenal dunia baca tulis. Merangsang mereka secara gembira mengasah kemampuannya sendiri,” ujarnya, Ahad 16 Nopember 2014.

Kegiatan menulis buku di sekolah ini menjadi kegiatan unggulan. Sebelum lulus setiap siswa dirangsang menyelesaikan sebuah buku sebagai kenang-kenangan yang disimpan di perpusatakaan.

“Tapi kami berusaha menjadikan kegiatan ini bukan sebagai beban. Malah sebagai kegembiraan bagi anak. Kami sendiri juga lebih menilai kegiatan ini dari sisi prosesnya, bukan hasilnya,” sambung Noor Iz Zumaroh, salah satu guru TK Al Hikmah. (ful/ahay)