Daerah

Mbah Bolong Minta Remaja Ngaji pada Ahli Agama

Rabu, 08 Juli 2015 12:29 wib

Jombang – Pengasuh Pesantren Falahul Muhibbin Watugaluh Jombang KH Nur Hadi menegaskan, di jaman modern ini remaja tidak mustahil terjebak kepada ideologi-ideologi yang aneh. Baik bersumber dari dalam diri maupun dari luar.

Demikian disampaikan saat menjadi pembicara pada acara Pesantren Kreatif Ramadhan atau KIR, Selasa, 7 Juli 20015. Acara yang digelar Musyawarah Guru Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMK Kabupaten Jombang berlangsung selama dua hari, 7-8 Juli 2015, di SMK 10 Nopember Jombang dengan 197 peserta.

Menurut kiai muda yang dikenal dengan nama Mbah Bolong ini, remaja sekarang akan berhadapan langsung dengan berbagai godaan sosial dari manusia yang ada di dalamnya. “Termasuk juga berbagai godaan dari setan dan nafsu sendiri,” tegasnya.

Mbah Bolong mengidentifikasi bahwa jiwa remaja juga menjadi faktor penyebab terjebaknya remaja ke dalam ideologi radikal. “Ini disebabkan karena masa remaja penuh dengan dorongan memenuhi rasa ingin tahu dan coba-coba,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi, Mbah Bolong mendorong remaja untuk selalu menimba ilmu. “Mengajilah kepada para ahlinya agama dan cari informasi seluas-luasnya tentang apa yang akan dilakukan,” imbuhnya.

Dia mengajak para remaja untuk selalu berpegang teguh kepada ajaran Islam. “Ini agar hidup di dunia bisa selamat di akhirat kelak,” pungkasnya. (saif/ahay)