Daerah

Para Santri di Jateng Tunjukkan Kemampuan Olahraga

Rabu, 16 September 2015 19:02 wib

Solo – Turnamen Liga Santri Nusantara (LSN) 2015 U-17 Zona Jateng 1 mulai bergulir Rabu, 16 September 2015, hari ini. Sebanyak 12 tim dari berbagai pondok pesantren di Soloraya menunjukkan kemampuan terbaiknya di Lapangan Kota Barat, Solo.

Koordinator Pelaksana LSN Zona Jateng 1, Anis Mudhakir mengaku ajang ini akan menyajikan berbagai kejutan dari para santri. Mereka yang selama ini dianggap hanya memiliki kemampuan dalam bidang keagamaan, akan membuktikan bahwa ternyata juga bisa berperan dalam bidang keolahragaan, terutama sepak bola.

“Banyak dari pondok-pondok pesantren di Soloraya saat ini memiliki kegiatan sepak bola. Mereka akan menunjukkan kemampuan yang tidak kalah dengan siswa lainnya. Karena itu, saya yakin akan ada banyak kejutan di sini,” ujar Anis.

Anis menambahkan karena baru kali pertama digelar, peta persaingan dalam ajang ini belum bisa terprediksi. Namun, ia menilai beberapa pesantren, seperti Ta’mirul Islam Solo dan Walisongo Sragen, bakal tampil dominan. Prediksi itu tak terlepas dari peran aktif para ponpes itu dalam membina ekstrakulikuler sepak bola bagi para santrinya.

“Walisongo Sragen acap mengikuti berbagai kejuaraan. Sedangkan, Ta’mirul Islam juga memiliki ekstrakulikuler sepak bola, bahkan dilatih oleh eks pemain profesional,” imbuh Anis.

Terpisah Pelatih Ta’mirul Islam, Yudi Sumarwanto, mengaku tidak memasang target tinggi dalam kejuaraan ini. Alasannya, tak lain karena banyak dari para pemainnya masih dalam taraf pengenalan dan belajar bermain bola.

“Tim ini baru dibentuk sekitar dua bulan lalu dan anak-anaknya juga masih dalam proses belajar. Jadi saya enggak ingin mematok target tinggi. Target awal saya, semoga bisa lolos dari fase grup,” ujar eks pemain Persis Solo dan Persema Malang era 1990-an itu.

Pada ajang ini, Ta’mirul Islam tergabung di Grup C pada babak penyisihan. Tim yang bermarkas di kawasan Baron, Solo ini akan mengawali petualangannya menghadapi Al Ikhlas Boyolali, Rabu sore. (shir/sloops)