Daerah

1.395 Santri di Aceh Terima Beasiswa Baitul Mal

Selasa, 17 November 2015 21:45 wib

Banda Aceh – Sebanyak 1.395 santri dayah (pesantren) di Provinsi Aceh mendapat bantuan biaya pendidikan dari Baitul Mal Aceh dalam upaya meringankan beban ekonomi mereka yang sedang mengenyam pendidikan di lembaga agama.

“Bantuan pendidikan ini merupakan program tahunan Baitul Mal Aceh yang diberikan kepada mereka yang berasal dari keluarga miskin yang sedang menuntut ilmu di dayah/pesantren pada 23 kabupaten/kota,” kata Kepala Baitul Mal Aceh (BMA) Armiadi Musa di Banda Aceh, Selasa, 18 Nopember 2015.

Ia mengatakan, jumlah penerima manfaat pada tahun ini lebih banyak dibanding jumlah penerima manfaat yang disalrukan pada tahun sebelumnya dengan jumlah penerima mencapai seribuan orang.

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah penerima manfaat setiap tahun tersebut tidak terlepas dari meningkatnya pendapatan zakat dan jumlah penerim manfaat juga akan terus bertambah seiring semakin banyak masyarakat yang membayar zakat.

Armiadi menyebutkan setiap santri akan menerima biaya bantuan tersebut Rp1 juta per orang. Para penerima manfaat tersebut berasal dari 157 dayah di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Ia menjelaskan, mekanisme perekrutan penerima beasiswa untuk santri tersebut merupakan data yang dikirim masing-masing pesantren ke Baitul Mal kabupaten/kota.

“Bantuan ini sudah dikirim langsung ke rekening masing-masing mustahik pada Jumat 12 November 2015. Semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” katanya.

Pihaknya berharap dana tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di dayah. (shir/Ant)