Guru SDN di Pamekasan Ikuti Standarisasi Baca Al-Quran

Pamekasan – Sebanyak 153 guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) se kabupaten Pamekasan, Sabtu-Ahad, 5-6 Desember 2015, mengikuti standarisasi baca al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati di kantor UPTD Kecamatan Pamekasan.

Kegiatan yang digagas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tenaga penguji baca al-Qur’an bagi peserta didik SD di kabupaten Pamekasan, berdasar Perda Nomor 4 Tahun 2014 tentang keterampilan membaca al-Qur’an,” kata Achmad Muhlis, salah satu panitia pelaksana.

Pada kegiatan itu, berbagai materi yang berhubungan dengan teknik baca al-Qur’an. Juga disampaikan oleh para pemateri, bahkan pengelolaan kelas dan micro teaching juga disajikan.

“Materi yang disampaikan di antaranya metodologi pengajaran buku tilawati jilid 1-5, strategi mengajar al-Qur’an, fashohah dan praktik tajwid, gharib dan musykilat, hingga lagu rost,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, para peserta yang merupakan guru agama tingkat sekolah dasar yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan. Nantinya akan mendapatkan sertifikat dan syahadah (ijazah kelulusan menguji al-Qur’an metode tilawati).

“Masing-masing peserta akan mendapatkan sertifikat, dan syahadah bagi peserta yang dinyatakan lulus munaqasah dan micro teaching,” jelasnya.

Selain itu pihaknya berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi bekal bagi para guru agama di tingkat sekolah dasar. Sehingga bisa mengajarkan dan menguji baca al-Qur’an bagi peserta didik.

“Dari itu, nantinya guru agama SD punya kewenangan menguji dan mengajar al-Qur’an, sesuai dengan syahadah kelulusan,” harapnya. (jaz/bejat)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network