Daerah

Peduli Santri, Djarum Foundation Gelar Pengobatan Gratis di Pesantren

Selasa, 15 Desember 2015 09:28 wib

Semarang – Djarum Fondation bekerja sama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) menggelar bhakti sosial (baksos) untuk pesantren di pesisir utara (pantura) Jawa Tengah.

Baksos berupa pengobatan gratis digelar di Pondok Pesantren As Saifi Pancasila Sakti, Dusun Bakan, Desa Lebakgowah, Kecamatan Lebahsiu, Kabupaten Tegal, Sabtu, 12 Desember 2015.

Kegiatan corporate social responsibility (CSR) Djarum Foundation bertajuk Baksos Pelayanan Kesehatan, Peduli Ponpes Pesisir Utara Jawa- Tegal 2015 diikuti sekitar dari 500 warga kurang mampu yang kebanyakan perempuan.

Pengasuh Pesantren As Saifi Pancasila Sakti Gus Ali Nabhan menyatakan pelayanan kesehatan gratis itu sangat bermanfaat bagi warga di lingkungan pesantren maupun para santri.

“Kegiatan ini sangan membantu bagi warga kurang mampu mendapatkan pengobatan gratis. Warga yang datang lebih dari 500 orang,” katanya.

Gus Ali berharap kegiatan pengobatan gratis tersebut bisa dilaksanakan lagi tahun depan agar bisa menjangkau warga lainnya yang membutuhkan pengobatan.

“Kami dan pesantren-pesantren lain siap membantu mengajak warga datang berobat,” tandasnya.

Kepala Desa Lebahgowah Amirudin memberikan apresiasi positif kegiatan pengobat gratis ini karena bermanfaat bagi warga desanya dan desa sekitar yang kebanyakan petani kurang mampu.

“Berharap mungkin kegiatan pengobatan ini bisa dilakukan tiga bulan sekali atau enam bulan sekali,” harap dia.

Sementara itu, ketua tim medis YBSI Virly Mavitasari mengungkapkan untuk melayani pengobatan gratis menerjunkan sebanyak 25 tim medis, apoteker, dan dokter spesialis.

“Hasil pemeriksanaan sebagian besar pasien menderita hipertensi, kulit, penyakit lambung, dan kurang konsumsi air putih,” ujar dia. (shir/onk)