Kemenag Beri Bantuan Beasiswa Kepada Santri di Cianjur

Cianjur – Sejumlah santri di pondok pesantren salafi di Cianjur, mendapat bantuan berupa beasiswa dari Kementrian Agama (Kemenag) Pusat.

Kasi Pondok Pesantren Kemenag Cianjur Abdul Qohar Azis menjelaskan, sejumlah santri tidak mampu mendapatkan bantuan dari Kemenag Pusat berupa beasiswa.

“Memang benar kami mendapatkan beasiswa tapi itu diberikan khusus kepada para santri yang mondok di pesantren salafi saja,” jelasnya.

Menurutnya, tidak semua pondok pesantren mendapatkan bantuan beasiswa. Pasalnya santri yang mendapatkan beasiswa ditunjuk langsung oleh pemerintah pusat melalui hasil data berupa proposal yang diajukan oleh pondok pesantren.

“Beasiswa diberikan khusus untuk pondok pesantren salafi tidak terhadap pesantren boarding school karena memiliki managemen yang berbeda dan diatur oleh kemendikbud,” tuturnya.

Ditambahkannya, bantuan beasiswa diberikan berdasarkan dari usia santri dan tujuan bantuan beasiswa untuk memperingan beban orang tua santri dalam biaya, mencegah santri putus dalam mendapatkan ilmu serta memberikan motivasi kepada para santri untuk belajar.

“Beasiswa untuk usia SD sebesar Rp450 ribu per santri, usia SMP sebesar Rp750 ribu per santri dan usia SMA sebesar Rp1 juta per santri,” ungkapnya. (shir/pojoksatu)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network