Daerah

Resmi, 10 Kandidat Bakal Bersaing Rebut Nakhoda PMII Jatim

Rabu, 13 April 2016 15:40 wib

...
Logo Konkoorcab XXII PMII Jawa Timur (santrinews.com/ist)

Surabaya – Pelaksanaan Konferensi Koordinator Cabang (Konkoorcab) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur tinggal dua pekan lagi. Hawa panas persaingan perebutan kursi ketua umum PMII Jatim mulai terasa.

Di hari terakhir pendaftaran bakal calon tercatat sebanyak 10 orang kandidat yang sudah resmi mendaftarkan diri. Pendaftaran ditutup pada Selasa malam, pukul. “Sampai pendaftaran ditutup, ada 10 kandidat calon ketua umum PKC PMII Jatim yang sudah resmi mendaftar,” kata ketua tim pencalonan, Aqib Ma’rufin, saat dihubungi via telepon selulernya, Rabu, 13 April 2016.

Mereka adalah Arief Rahman (PC PMII Situbondo), Arya (Lumajang), Kholilullah (Probolinggo), ada Zainuddin (Surabaya), Fathul Hasan (Kota Malang), Zain Haq (Sidoarjo), Mahathir Muhammad (Blitar), Ahmad Syuhada’ (Trenggalek), Alfi Hafidh Ishaqro (Madiun), dan Helmi Fuad (Bangkalan).

Kesepuluh kandidat tersebut mewakili masing-masing zona di Jawa Timur. Yakni zona Tapal Kuda, Metropolis, Matraman, dan Zona Madura.

Aqib mengaku sempat pesimis. Sebab, hingga Selasa siang, hanya ada satu calon yang mendaftar dan terancam proses pencalonan berlangsung aklamasi. Melihat sampai malam terakhir pendaftaran tercatat ada 10 kandidat, Aqib memaparkan bahwa Konkoorcab PKC PMII Jawa Timur akan berlangsung sesuai rencana.

“Dengan begini mereka menunjukkan bahwa kepedulian terhadap PMII Jawa Timur masih tinggi. Ini merupakan perang bintang dikarenakan kandidat yang mendaftar adalah tokoh-tokoh di cabangnya masing-masing,” terang Aqib.

Banyaknya kandidat yang mendaftar sebagai calon ketua umum PKC PMII Jatim, ternyata berbanding terbalik dengan bakal calon ketua Kopri PKC. “Untuk kandidat Ketua Kopri PKC belum ada satupun yang mendaftar sampai pendaftaran resmi ditutup,” paparnya.

Konkoorcab XXII PMII Jawa Timur akan digelar di Kota Reog Ponorogo pada tanggal 27-30 April mendatang. Selain memilih nakhoda baru, juga akan dirangkai dengan beragam acara menyambut Harlah PMII yang ke-56. (isna/onk)