Daerah

Pemilihan Nakhoda PMII Jatim, Panitia Sudah Siap Jalankan Mekanisme Baru

Selasa, 26 April 2016 13:17 wib

...
Logo Konkoorcab XXII PMII Jawa Timur (santrinews.com/ist)

Surabaya – Pasca mengambilan nomor urut calon ketua umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) dan Kopri PKC PMII Jawa Timur, kini mereka siap bersaing dalam pelaksanaan Konferensi Koordinator Cabang (Konkoorcab) XXII PMII Jawa Timur pada 27-30 April mendatang.

“Ada delapan calon ketua dan 3 calon ketua Kopri, masing-masing sudah mengambil nomor urut dan berkampanye,” jelas Aqib Ma’rufin, Tim Seleksi Calon Konkoorcab, di Surabaya, Selasa, 26 April 2016.

Persiapan logistik dalam pemilihan pun sudah rampung. Menurut Aqib, panitia telah menyiapkan surat suara yang akan digunakan dalam pemilihan mendatang di Kota Reog Ponorogo. “Surat suara sudah siap digunakan, jumlahnya sesuai dengan peserta cabang,” ujarnya.

Mekanisme pemilihan yakni perserta akan mencontreng surat suara yang bersisi nomor urut dan nama calon serta foto. Peserta akan memilih secara langsung, bersih, jujur dan adil (luberjudil) seperti layaknya pemilihan umum presiden dan wakil presiden.

“Mekanisme pemilihan dengan mencontreng surat suara, kita pilih mencontreng karena lebih mudah. Peserta akan dipanggul satu persatu dan memilih calonnya seperti pelaksanaan pemilu,” terangnya.

Mekanisme ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas demokrasi serta marwah berorganisasi yang berjalan di tubuh PMII. “Semoga pelaksanaan bisa berjalan sesuai rencana, demokratis dan melahirkan pemimpin yang sesuai dengan kriteria,” kata Aqib.

Berikut nomor urut dan nama calon Ketua PKC dan Ketua Kopri PKC PMII Jatim. Nomor urut 1. Mahathir Muhammad (Blitar), 2. Ahmad Syuhadak (Trenggalek), 3. Zainuddin (Surabaya), 4. A Haryadi (Lumajang), 5. Moh Fathul Hasan (Kota Malang), 6. Alfi Hafidh Ishaqro (Madiun), 7. Arief Rachman (Situbondo), dan 8. Helmi Fuad (Bangkalan).

Sedangkan untuk Calon Ketua Kopri PMII Jawa Timur nomor urut 1. Maryam (Banyuwangi), 2. Hodaifah (Sumenep), dan 3. Nafisatul Qudsiyah (Sidoarjo). (isna/onk)