YAQIN’ Gelorakan Indonesia Cinta Al Quran

Suasana kegiatan kegiatan "Indonesia Cinta Al Quran" yang digelar Yayasan Syafa'atul Quran Indonesia (YAQIN), di ruang Ash Shofa kompleks Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Ahad, 19 Juni 2016 (santrinews.com/ist)

Surabaya – Yayasan Syafa’atul Quran Indonesia (YAQIN) menggelar kegiatan “Indonesia Cinta Al Quran” di ruang Ash Shofa kompleks Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Ahad, 19 Juni 2016.

Acara yang diniatkan menggelorakan kecintaan terhadap kitab suci itu dihadiri sebanyak 1.350 orang santri dari sejumlah daerah di Jatim, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Para santri tak sekadar diajak mengetahui arti penting kitab suci, tapi juga diajari cara melantunkannya dengan lagu hijaz, menghafal, menerjemahkan, hingga memahami maknanya.

“Salah satu warisan filosofi kehidupan yang akrab di masyarakat adalah ‘moco Quran sak maknane’ atau membaca Qur’an dengan memahami maknanya. Kami ingin budaya baik ini terjaga. Bahkan terus kita kembangkan sebagai landasan kehidupan yang lebih baik bagi Indonesia,” kata Ketua YAQIN, Mohammad Yamin.

Yamin meyakini, ketika masyarakat Indonesia makin mencintai Al Quran maka negeri ini akan makin makmur gemah ripah loh jinawi. Sejahtera ekonominya, rukun dan terjaga keragamannya, sekaligus bahagia jiwanya.

Acara itu dibuka oleh WaKil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf. Tampil memberi taushiyah Ketua Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Jatim KH Muhammad Shaleh Drehem, Pakar Quantum Tahfidz KH Mudawi Ma’arif, dan Master Trainer Nasional Quantum Tarjamah Ust Ahmad Faiz Khudlori Toha.

Dalam kesempatan itu, para peserta diajak mendalami Al Quran secara komprehensif. Tak sekedar mengetahui arti penting kitab suci, tapi juga diajari cara melantunkannya dengan lagu hijaz, menghafal, menerjemahkan, dan memahami maknanya. (ahay)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network