Daerah

21 Calon KPID Bakal Jalani Tes Akhir, Ketua DPRD Jatim Minta Masukan Publik

Selasa, 04 Oktober 2016 20:10 wib

...

Surabaya – Sebanyak 21 Calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur memasuki tahap uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) secara terbuka di gedung DPRD Jatim.

“Tim seleksi telah menyodorkan 21 nama-nama calon anggota KPID Jatim masa jabatan 2016-2019,” kata Ketua DPRD Jatim, H Abdul Halim Iskandar, Selasa, 4 Oktober 2016.

Uji kelayakan dan kepatutan akan digelar selama tiga hari mulai 13-15 Oktober 2016, oleh Komisi A DPRD Jatim.

Adapun 21 calon KPID Jatim yang akan menjalani debat publik adalah A Afif Amrullah, Agus Edi Winarto, Agus Sugiharto, Amalia Rosadi Putri, Awang Dharmawan, dan Bashul Hazami.

Beberapa nama lain, yakni Budiono, Eko Rinda Prasetiyadi, Gandi Wicaksono, Hasan Ali, Immanuel Yosua T, Iswanto, M Aliyulloh Hadi, Malik Setyawan, Nur Elya Anggraini, Putri Aisyiyah RD, Suprihatin, Vinda Maya S, Witanto, Yasin Al Raviri, dan Zulfery Yusal Koto.

Memasuki uji terbuka, Gus Halim – sapaan akrabnya, berharap masukan saran dan kritikan masyarakat mengenai 21 calon anggota KPID Jatim tersebut.

Kritik dan saran masyarakat dapat disampaikan langsung ke Sekretariat DPRD Jatim atau melalui email: komisiadprdjatim@gmail.com dan fax 031-3534731.

Saran dan masukan juga bisa disampaikan melalui sekretariat KPID Jatim Jalan Ngagel Timur 52-54 Surabaya atau email: setkpidjatim@gmail.com.

Sebanyak 21 nama calon KPID Jatim tersebut sebelumnya telah mengikuti tes seleksi administrasi dari 79 peserta yang akhirnya berhak mengikuti tes tulis.

Dari hasil tes tulis yang lolos sebanyak 40 calon yang lolos dan berhak mengikuti tes psikologi di Lembaga Psikologi TNI Angkatan Laut, pada 30 Agustus 2016.

Selanjutnya dari 40 peserta tes psikologi tersisa 24 orang yang lolos dan berhak masuk tahap debat publik yang dilaksanakan 20-21 September 2016.

Kini tersisa 21 calon komisioner yang lolos debat publik yang berhak melaju ke tahap akhir, yakni fit and proper test dengan Komisi A DPRD Jatim.

Dari 21 nama calon itu akan terpilih lima orang terbaik yang akan menjadi komisioner KPID Jatim 2016-2019. Selain itu, akan dipilih pula lima nama calon yang menjadi cadangan. Kelima calon terpilih selanjutnya akan dilantik oleh Gubernur Jatim H Soekarwo. (rus/onk)