Hari Santri 2016

NU Semarang Meriahkan Hari Santri dengan Sepak Bola Api

Para santriwati bermain sepak bola api di Pesantren Az Zuhri, Ketileng, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 13 Oktober 2015. Pertandingan itu dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah (santrinews.com/antara)

Semarang – Dalam rangka menyambut hari santri nasional, Pengurus Cabang Nadlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang mempersiapkan lima belas rangkaian kegiatan. Salah satu kegiatan yang akan menjadi daya tarik masyarakat luas adalah sepak bola api.

“Sepak bola api sengaja kami hadirkan dalam memeriahkan hari santri, sebab tradisi ini menjadi seni persepakbolaan khas pesantren,” kata Agus Fathuddin Yusuf, Ketua Panitia Hari Santri Kota Semarang, Sabtu, 8 Oktober 2016.

Sepak bola api akan dilaksanakan pada Jumat, 21 Oktober 2016, pukul 19.00 WIB di halaman plaza Masjid Agung Jawa Tengah sebelum acara Istighatsah Kebangsaan dan Pembacaan Satu Milyar Shalawat Nariyah.

Peserta sepak bola api berasal dari Pondok Pesantren Darunnajah, Pondok Pesantren Azzuhri dan segenap santri Semarang. “Bagi masyarakat Kota Semarang yang ingin menikmati sensasi panasnya bola api juga diperbolehkan untuk bergabung meramaikan permainan ini,” tegas Agus.

Peringatan Hari Santri Nasional, lanjutnya, tidak sekadar upacara dan hura-hura semata. Tetapi lebih merupakan bentuk syukur anak bangsa masih diberi kesempatan mengamalkan ajaran Ahlussunnah Waljamaah ala Nahdlatul Ulama dan mengawal kedaulatan NKRI sebagai harga mati.

“Momentum ini sekaligus sebagai perenungan anak bangsa apa yang akan dilakukan dari santri untuk bangsa dan negeri ini di masa mendatang,” tegas Agus. (shir/onk)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network