Daerah

Santri di Poso Upacara Kemerdekaan di Tepi Laut

Jum'at, 17 Agustus 2018 22:30 wib

...
Santri dari Yayasan Fadhila Alkhairaat Tegal Rejo bersama warga upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di tepi laut Poso (santrinews.com/kompas)

Poso – Sedikitnya 200 orang santri dari panti asuhan Yayasan Fadhila Alkhairaat Tegal Rejo bersama warga menggelar upacara Hut Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 di tepi laut Poso, Jumat 17 Agustus 2018.

Pelaksanaan upacara di tepi laut untuk yang kedua kalinya dimaksudkan agar para santri sebagai generasi penerus bangsa, bisa lebih memaknai arti pentingnya perjuangan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap laut.

Upacara Hut RI ke-73 yang dimulai pukul 07.00 WITA itu dipusatkan di pantai Tegal Rejo, Kecamatan Poso Kota Utara. Para peserta upacara dengan menggunakan sarung dan songkok.

Para santri bersama warga mengikuti upacara sambil berendam di air laut dengan kedalaman sekitar 60 sentimeter.

Selain diikuti oleh para santri, turut hadir pihak Bhabinkamtibmas Tegalrejo, Bripka Ahmad Fuad, Babinsa Tegalrejo dan puluhan ibu-ibu dengan busana muslim turut mengikuti upacara di atas laut dengan khidmat.

Sementara saat proses pengibaran bendera merah putih yang dilakukan para santri berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, meskipun harus menahan dinginya air laut di pagi hari.

Dalam upacara tersebut selain menyanyikan lagu Indonesia Raya, para santri bersama warga Tegalrejo kemudian membacakan ikrar janji kesetiaan santri terhadap NKRI.

Ustadz Samsul Muarief, pembina panti asuhan Yayasan Fadhila menyampaikan, jika upacara di laut dilaksanakan sebagai bentuk menumbuhkan rasa cinta para santri terhadap laut dan Tanah Air.

“Tentunya kita di sini semuanya satu yang cinta Tanah Air, satu sama rasa yang kemudian sama-sama turun ke laut, basah untuk melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun,” kata Samsul.

Di akhir upacara, para santri juga mendoakan negara Indonesia agar damai, aman dan tidak terpecah-belah. Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman terumbu karang.

Dalam kegiatan itu juga tampak hadir pihak Kementrian Agama Poso, Sekretaris Komda Alkhairaat Poso, Ibrahim Ismail, Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Poso, Ustad Ustami Idris, Pihak Kampus STAI Poso dan PMII Poso. (shir/kompas)