Daerah

Tokoh Muda Versi FOMDEM Resmi Jabat Wagub Jatim

Kamis, 14 Februari 2019 21:19 wib

...
Direktur FOMDEM Jatim Rusman Hadi dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (santrinews.com/ist)

Surabaya – Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu, 13 Februari 1019).

Ternyata, Emil Dardak, jauh sebelum maju sebagai Calon Wakil Gubenur berpasangan dengan Khofifah telah masuk salah satu tokoh muda yang direkomendasikan oleh Forum Muda Demokrasi (FOMDEM) Jawa Timur sebagai tokoh muda yang layak maju di Pilgub Jatim 2018.

“Pada Februari 2016 kami (FOMDEM Jatim) merilis 14 tokoh muda Jawa Timur yang layak maju sebagai Cawagub Jatim,” kata Direktur FOMDEM Jatim, Rusman Hadi saat dikonfirmasi Kamis, 14 Februari 2019.

Baca: FomDem Sodorkan 14 Figur Muda untuk Cawagub Jatim

Rusman menjelaskan, dari 14 tokoh muda yang direkomendasikan, selain Emil, ada nama Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi). “Keduanya ternyata sama-sama digandeng sabagai Cawagub, Mas Anas sempat digandeng sebagai Cawagub Gus Ipul, meski kandas menjelang pendaftaran ke KPU,” paparnya.

Sehingga tinggal Emil Dardak sebagai representasi tokoh muda yang terus maju di gelaran Pilgub Jatim 2018, hingga akhirnya keluar sebagai jawara mengakalahkan rivalnya Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Putri.

Baca juga: Gus Ipul-Anas Pasangan Merah Putih untuk Indonesia

Menurut Rusman, 14 tokoh muda yang dirilis oleh FOMDEM Jatim lahir dari proses penjaringan panjang, mulai dari kriteria umur, kemampuan dan perjalanannya dalam dunia politik pemerintahan.

Saat itu, pihaknya menyodorkan tokoh muda, dengan beberapa alasan bahwa di Jatim banyak tokoh muda yang memiliki potensi kepemimpinan yang bagus. Sehingga, Rusman merasa berkewajiban mengapresiasi potensi mereka dengan memberikan ruang untuk memimpin di level Jatim.

Selain itu, lanjut Rusman, merupakan upaya regenarasi kepemimpinan. Dengan memberikan ruang kepada tokoh muda dalam memimpin, maka harapannya lahir ide-ide produktif dalam pembangunan di Jawa Timur. Termasuk mampu menampung aspirasi dan keinginan kaum muda yang dijabarkan dalam bentuk program pemberdayaan.

“Usia muda itu usia produktif, maka tentu harus disiapkan program-program yang mengarah pada lahirnya kemandirian pemuda. Sehingga cara berpikirnya bagi kaum muda terutama yang baru lulus kuliah bukan lagi mencari kerja, tapi justru harus menciptakan lapangan kerja,” tandas mantan bendahara umum PMII Jatim.

Baca juga: Ketua PCNU Batu: Emil Dardak Visioner untuk Jatim

Itulah salah satu hal, yang diharapkan menjadi perhatian Emil Dardak yang resmi menjadi Wagub Jatim sebagai representasi kaum muda. Dengan demikian, Rusman yakin Jatim akan mempu melahirkan generasi muda yang hebat dan mandiri, siap menghadapi persaingan di era digital.

Sebanyak 14 nama tokoh muda versi FOMDEM tersebut adalah Imam Nahrawi, Menpora, Politisi PKB (42), Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi (42), Badrut Tamam, Ketua FKB DPRDJatim (38), Irwan Setiawan, Sekretaris FPKS DPRD Jatim (40), Abdul Halim, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim (36), Arzeti Bilbina, anggota FKB DPR RI (39), Emil Dardak, Bupati Trenggalek, Tokoh Muda NU (31), Azrul Ananda, Profesional, Praktisi Media (38), Ahmad Rofiq, Sekjen Partai Perindo (42), Mahdi, anggota FPP DPRD Jatim (42), Eko Patrio, anggota FPAN DPR RI (45), Nizar Zahro Fraksi Gerindra DPR RI (41), Moh Hosni, Dosen, Pengusaha Muda (33), dan Muhammad Fawaid, anggota Fraksi Gerindra DPRD Jatim (26).

“Selamat untu Ibu Khofifah dan mas Emil, semoga mampu membawa kemajuan untuk Jawa Timur dan mampu merealisasikan janji-janji politiknya,” pungkasnya. (rus/onk)