Daerah

Dekatkan Pelayanan Masyarakat, Gubernur Khofifah Maksimalkan Fungsi Bapperwil

Senin, 18 Februari 2019 21:30 wib

...
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan mantan Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, Senin, 18 Februari 2019 (santrinews.com/istimewa)

Surabaya – Tekad Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk bisa mengaktifkan kembali Badan Perwakilan Wilayah (Bapperwil) di Jatim akhirnya segera tercapai.

Hal dianggap Khofifah penting lantaran konsep pembangunan yang akan dilakukan selama lima tahun ke depan sudah disepakati menggunakan pendekatan kewilayahan. Sehingga fungsi Baperwil untuk bisa mendekatkan layanan ke masyarakat bisa semakin mudah terwujud.

“Saat kami jelang dilantik, kami dibrifing oleh Mendagri dan Dirjen Otda, kami diinfo bahwa Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi yang masih diizinkan untuk ada Baperwil,” tegas Khofifah usai Prosesi Sertijab di Gedung DPRDJawa Timur, Senin, 18 Februari 2019.

Baca juga: Pimpin Jatim, Khofifah Canangkan One Pesantren One Product

Adanya Baperwil ini menurutnya adalah salah satu bagian dari janji kampanye Khofifah-Emil. Yaitu untuk mendekatkan layanan UKM dan IKM untuk masyarakat. Sebab banyak temuan di lapangan, masyarakat banyak mengeluhkan tentang rumitnya perizinan ke BPOM dan juga perizinan yang lain. Masyarakat ingin layanan bisa lebih cepat dan terukur.

“Coba bayangkan, kalau yang butuh layanan ini di Pacitan, Sumenep, kepulauan. Kalau mereka harus ke Surabaya kebayang nggak? Maka kita ingin mendekatkan layanan sehingga Baperwil ini menjadi penting,” tandasnya.

Terlebih di Jatim ada banyak rumpun yang berbeda satu sama lain. Ada rumpun Arek, Mataraman, Madura, Tapal Kuda dan Pantura. Khofifah ingin keadilan layanan bagi mereka bisa terpenuhi lewat keberadaan Baperwil.

Selain untuk pendekatan layanan, Baperwil juga ditargetkan Khofifah dijadikan tempat koordinasi dan berdirinya Millenial Job Center.

Baca juga: Jalankan Amanah Gus Dur, Khofifah Komitmen Berdayakan Pesantren

Rencananya Selasa besok, Khofifah dan Emil akan langsung turun ke dua Baperwil yang ada di Jawa Timur. Khofifah akan turunke Baperwil di Pamekasan, dan Emil akan turun ke Baperwil di Bojonegoro.

“Kami bagi tugas, saya ke Baperwil Pamekasan, Mas Emil ke Baperwil Bojonegoro. Saya sudah koordinasi dengan Sekda juga supaya Baperwil jadi ruh koordinasi bagi mereka yang punya wilayah serumpun,” tandasnya.

Dalam kunjungannya itu, rencananya Khofifah bakal menggali data kebutuhan Bos Madin di Madura, masalah GTT/PTT dan juga masalah pendidikan gratis berkualitas yang akan digagas oleh Khofifah-Emil.

“Karena banyak yang tanya tentang SPP gratis SMA SMK negeri dan swasta. Nah soal ini kan indeksnya berbeda antara sekolah negeri dan swasta tergantung kemahalan setempat dan ditentukan berdasarkan SE gubernur,” ucap Khofifah.

Baca juga: Emil Dardak Wakili Geopolitik Mataraman

Pada posisi itu, Khofifah mencontohkan jika SE SPP di Surabaya itu Rp 200 ribu dannternyata bantuan SPP pemprov Rp 150 ribu maka orang tua masih ada tanggungan Rp 50 ribu.

Di sisi lain Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengatakan dengan kunjungan ke Bapperwil besok adalah upaya untuk mendekatkan Pemprov ke daerah.

“Besok ada beberapa hal juga yang akan dibahas, salah satunya sudah ada salah satu pihak swasta yang berpotensi untuk Millenial Job Center. Lalu juga membahas soal Bengawan Solo yang suka meluap,” kata Emil Dardak.(red)