Daerah

Perguruan Silat Tjimande Jember Pentas Adu Jurus Bersama Sesepuh Pendekar

Sabtu, 06 April 2019 18:30 wib

...
Kader Persatuan Pencak Silat Tjimande Indonesia (PPTI) Jember saat unjuk beladiri adu jurus di pelataran pusat PPTI Macan Tutul Anak Santri Balung, Jember (santrinews.com/istimewa)

Jember – Sedikitnya 20 Persatuan Pencak Silat Tjimande Indonesia (PPTI) Jember bersilaturahmi bersama sedikitnya 23 pendekar sepuh dan senior pencak silat Tjimande di Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Kamis malam, 4 April 2019.

Pertemuan yang dibalut dengan ajang pementasan aliran seni beladiri kuno yang banyak dimiliki oleh masyarakat di pelosok-pelosok wilayah Jember itu diinisiasi oleh Zarkasih, mantan Pj Bupati Jember periode 2010-2011.

Acara berlangsung bakda Isya hingga Jumat dini hari, dan bertindak sebagai tuan rumah adalah PPTI Macan Tutul Anak Santri Balung pimpinan Adang Hoirul Anam.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan acara pentas seni beladiri itu hingga usai dengan memadati pelataran pusat PPTI Macan Tutul.

Miftahul Rahman, Budayawan Jember yang juga pimpinan PPTI Sekar Jaya Sehati mengatakan silaturahim kedua ini diistilahkan sebagai upaya merajut kembali hubungan dan mempererat tali persaudaraan antar perguruan Tjimande di Jember.

“Bisa disebut sebagai ‘Ngumpulkan Balung Pisah’, alhamdulillah ada 20 PPTI yang hadir bersama sedikitnya 23 pendekar sepuh yang hadir sebagai bentuk dukungan acara itu,” kata Cak Memet panggilan akrab Miftahul Rahman.

Baca juga: Lima Ribu Pendekar Pagar Nusa Konsolidasi di Jatim

Pimpinan Nasional PPTI Anang yang juga termasuk salah satu pendekar sepuh yang hadir memberikan apresiasi positif atas gelaran silaturahim pendekar dan pesilat Tjimande Jember ini.

Lebih jauh Anang menyatakan dirinya ingat betul gerakan ini dimulai sejak 2015 di Lapangan Bangsalsari Jember. Sebagai sesepuh PPTI Mas Anang turut berterima kasih kepada Drs Zarkasi yang sudah berinisiatif mendorong semangat sedulur Tjiimande

“Menurut hemat saya, Tjimande di Jember ada hampir di 248 desa, jumlahnya mencapai puluhan ribu, jika saja bisa bersatu maka akan menjadi kekuatan besar,” ujarnya.

Baca juga: “Hasil Kajian MUI Jember, Buku ˜57 Khutbah Jumat’ Sebarkan Paham Syiah

Anang meminta agar acara silaturahim ini terus dijadikan agenda rutin, sehingga antar perguruan Tjimande dapat saling belajar dan mempererat tali persaudaraan.

“Awak dewe iki tunggal banyu, Sambangono arek arek yo, (Kita ini satu saudara, tengok anak-anak ya),” ujarnya.

Pimpinan PPTI Macan Tutul “Anak Santri” Adang Hoirul Anam mengaku bersuka cita ketika ada rencana menggelar lagi silaturahim ke-2 setelah acara di Desa Tisnogambar di PPTI Mustika Jaya pimpinan Mbah Marsidi, kini PPTI pimpinannya jadi tuan rumah.

“Alhamdulillah rekan-rekan PPTI se Jember yang hadir semakin banyak, semoga gelaran ajang silaturahim pesilat dan pendekar ini bisa terus berlanjut rutin sehingga membesarkan Tjimande Jember,” kata Adang.

Adang mengakui perkembangan Tjimande pasang surut, sehingga dengan adanya acara rutin seperti ini tentunya akan membesarkan ghiroh berkesenian dan berkebudayaan khususnya seni beladiri leluhur.

“Saya belajar dari bapak saya sendiri yang dulunya belajar dari Mbah saya Mbah Jumbiak yang satu perguruan dengan Mbah Ilysas Tanggul yang belajar langsung Dari Abah Khair Bogor. Bapak saya namannya Pak Ruslan,” kenang Adang.

Penggagas ajang Silaturahim Tjimande Jember yang juga pimpinan PPTI Panji Nusantara, Nurdiansyah R atau akrab dipanggil Cak Noeng menyatakan kegembiraannya dengan semakin banyaknya perguruan PPTI dan pendekar sepuh Tjimande yang hadir.

“Memang benar ada 20 an PPTI plus dengan sedikitnya 23 pendekar dan sesepuh Tjimande Jember hadir dan turut memperagakan jurus tua simpanan yang jarang diperagakan ke publik,” kata Cak Noeng.

Baca juga: Pendekar NU Siap Jihad Tegakkan NKRI

Secara khusus Cak Noeng mengucapkan terima kasih atas kehadiran para sesepuh Tjimande Jember tersebut.

Sebanyak 20 PPTI Tjimande adalah PPTI Macan Tutul Anak Santri, PPTI Panji Nusantara, PPTI Anak Sholeh, PPTI Mustika Jaya, PPTI Sekar Jaya Sehati, PPTI Sinar Jaya, PPTI Mahkota Balung, PPTI Gumelar, PPTI Sapujagat, PPTI Tutul Puger, PPTI Merdeka, PPTI Gala Prima, PPTI Sinar Tanjung, PPTI Tugusari, PPTI Putera Harapan, PPTI Karanganyar, dan PPTI Samber Kilat Puger.

Sedangkan sesepuh pendekar yang hadir diantaranya Mbah Marsidi, Mbah Yudi, Saroji, Mukhas, Miftahul Rahman, Nurdiansyah R, Usman, Sutaji, Pi’i, Mijen, Sunari, Imam Subandi, Mugni, Suriama, Chairul, Nasir, Muhyi, Wakik, Mulyono, dan Supeno. (hol/onk)