Daerah

Demi Independensi Konferwil, Gus Abid Mundur dari Tim Caretaker

Jum'at, 19 Juli 2019 22:30 wib

...
Moh Abid Umar Faruq alias Gus Abid memberi keterangan pers di halaman Kantor GP Ansor Jatim, usai menyerahkan surat pengunduran diri sebagai anggota Tim Caretaker PW GP Ansor Jatim (santrinews.com/hady)

Surabaya – Sembilan hari menjelang Konferensi Wilayah (Konferwil) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur, Moh Abid Umar Faruq alias Gus Abid secara tiba-tiba mengundurkan diri dari anggota Tim Caretaker PW GP Ansor Jatim. Alasannya untuk menghindari konflik kepentingan.

“Saya putuskan mundur dari anggota tim (caretaker). Mulai hari ini saya bukan lagi bagian dari caretaker,” kata Gus Abid saat ditemui di halaman Kantor PW GP Ansor Jatim, Jumat, 19 Juli 2019, sore.

“Saya sudah serahkan secara resmi surat pengunduran diri kepada Ketua dan Sekretaris Tim Caretaker,” sambungnya.

Baca juga: Pengabdian dan Mimpi Gus Abid dalam Mimpin Ansor Jatim

Pimpinan Pusat GP Ansor menunjuk Caretaker setalah tiga kali penunjukan Plt. Ketua PW GP Ansor Jatim gagal menyelenggarakan Konferwil untuk memilih ketua definitif. Ketua Caretaker Abdul Hakam Aqso, Sekretaris Mujiburrahman, dengan anggota Gus Abid, Sholahul Aam Notobuwono, dan Mochammad Nur Arifin.

Sesuai jadwal, Konferwil akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang, Ahad, 28 Juli 2019, sedangkan Pra Konferwil akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo, Ahad, 21 Juli 2019.

Baca juga: Gus Syafiq Menguat Jadi Calon Tunggal Ketua Ansor Jatim

Caretaker sudah menuntaskan berbagai tahapan Konferwil. Terutama verifikasi dan akreditasi Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang berhak menjadi peserta Konferwil.

“Caretaker sudah melaksanakan rapat pleno akreditasi tadi malam (Kamis malam),” kata Ketua Caretaker Abdul Hakam Aqso. Hasilnya, Konferwil akan diikuti 38 PC dan 444 PAC.

Gus Abid mengaku ditunjuk oleh Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai anggota tim caretaker untuk membantu menyiapkan verifikasi dan akreditasi.

Setelah tugas itu sudah ditunaikan, Gus Abid pun lalu mengundurkan diri dari anggota tim caretaker. Selain menghindari konflik kepentingan, langkah Gus Abid mengundurkan diri demi menjaga independensi caretaker sebagai penyelenggara Konferwil. Sebab, ia diminta sejumlah cabang maju sebagai calon ketua PW GP Ansor Jatim.

Baca juga: Hargai Pengorbanan Riyanto, Gus Abid Usulkan Hari Kemanusiaan Nasional

“Demi menjaga independensi tim caretaker. Memang tidak ada aturan tertulis bahwa caretaker dilarang mencalonkan. Tapi untuk menjaga independensi dan menghindari konflik interes sebaiknya saya mengundurkan diri,” tegas cucu KH Zainuddin Djazuli, pengasuh Pondok Pesantren Ploso Kediri tersebut. (red)