Daerah

Resmi Dilantik, Fatayat NU Jatim Siapkan 9 Program Unggulan

Minggu, 25 Agustus 2019 12:00 wib

...
Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Pimpinan Wilayah Fatayat NU masa khidmat 2019-2024 di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu, 24 Agustus 2019 (santrinews.com/ihsan)

Surabaya – Pimpinan Wilayah Fatayat Nahdlatul Ulama Jawa Timur periode 2019-2024 resmi dilantik di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu, 24 Agustus 2019. Pelantikan berdasarkan SK (Surat Keputusan) yang disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Fatayat NU Anggia Ermarini.

“Dengan pengurus yang baru dilantik, bisa segera melaksakan program-programnya,” kata Anggia Ermarini.

Ketua PW Fatayat NU Jawa Timur, Dewi Winarti menyampaikan sudah merancang 9 program yang akan dilakukan selama khidmahnya bersama pengurus yang lain. “Program itu bernama tis’u himmat,” kata Dewi usai prosesi pelantikan.

Beberapa program itu di antaranya assyifa. “Program ini fokus untuk mengidentifikasian potensi setiap kader,” jelasnya.

Berikutnya adalah sejuk atau sejuta kader. “Artinya satu desa satu kader yang memberikan gerakan secara massif di lingkungannya masing-masing,” ungkapnya.

Ada juga program Gafantara yakni gerakan sehat Fatayat santri nusantara. “Progresnya dari gerakan ini sudah berhasil diterapkan di Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar dan Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang,” katanya.

Lalu ada poling atau pondok konseling, perekonomian, 1001 Daiyah Fatayat NU atau Difa, pengembangan media online yaitu media Auleea, dan pengembangan potret potensi perempuan Fatayat NU.

“Kami mohon doa restu, gerakan dan ikhtiar ini merupakan upaya untuk membantu perempuan di Jawa Timur dari kota hingga desa,” tandas Dewi.

Dewi Winarti terpilih sebagai Ketua PW Fatayat NU Jatim melalui Konferensi Wilayah (Konferwil) XV pada 2-3 Februari 2019 lalu. Dalam kepengurusan masa khidmat 2019-2024, Dewi didampingi Wiwik Endahwati sebagai sekretaris.

Dalam pelantikan dihadiri Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar, Ketua PW Muslimat NU Jawa Timur, Hj Masruroh Wahid, Ketua DPRD Jatim, H Abd Halim Iskandar, serta perwakilan badan otonom di lingkungan NU Jawa Timur.

Tampak pula Konjen Amerika Andi, Dinas Koperasi dan UKM, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia, Badan Kerjasama Organisasi Wanita, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

Pelantikan yang dilanjut Rakerwil akan berlangsung hingga Ahad, 25 Agustus 2019, yang diikuti utusan dari Pimpinan Cabang Fatayat NU di Jawa Timur. (rus/nuo)