Daerah

Bupati Muba Dodi Reza Dinobatkan Jadi Bapak Santri Milenial

Rabu, 02 Oktober 2019 21:30 wib

...
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex (ketiga kiri) bersama Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (kedua kanan) usai menerima penganugerahan sebagai Bapak Santri Milenial Muba, di Stable Berkuda Sekayu, Rabu 2 Oktober 2019 (santrinews.com/istimewa)

Banyuasin – Rangkaian peringatan HUT ke-63 Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sekaligus Hari Santri Nasional tingkat kabupaten dihiasi dengan pembacaan Alquran di Stable Berkuda Sekayu, Rabu, 2 Oktober 2019.

Suara ribuan santri dan warga Nahdlatul Ulama (NU) menyanyikan lagu Subbanul Wathan, Ya Lal Wathan.

Ribuan santri yang berasal dari Pondok Pesantren menggelar pawai dari Lapangan Gelanggang Remaja Sekayu menuju lokasi acara di Stable Berkuda Sekayu.

Acara tersebut juga dirangkai dengan Tabligh Akbar dakam rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriah.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj. Ia juga berkesempatan menyaksikan penganugerahan kepada Bupati Dodi Reza Alex sebagai Bapak Santri Milenial Muba yang diserahkan oleh Ketua Forum Pondok Pesantren Sumatera Selatan (Forpess) KH Arwani Arsyad.

“Sepak terjang pak Bupati Muba Dodi Reza dalam memperhatikan anak-anak pondok pesantren tidak diragukan lagi, perhatian beliau juga terhadap keluarga NU sangat maksimal. Saya sangat apresiasi hal ini, semoga pemimpin-pemimpin di daerah lebih banyak lagi yang seperti ini,” kata Kiai Said Aqil.

Program-program Bupati Dodi Reza, lanjut dia, terhadap pendidikan santri pun sangat menginspirasi. “Hari ini saya pula menyaksikan langsung dimana Pemkab Muba di bawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza dan Wakil Bupati Beni Hernedi memberikan bantuan dana untuk kemajuan pondok-pondok pesantren serta memberi hibah lahan untuk pendirian kantor PCNU Muba,” ungkapnya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan, santri adalah aset bangsa dan kemajuan daerah Muba juga tidak bisa dipisahkan dari support pondok pesantren serta santri. Dewan Pembina GP Ansor Sumatera Selatan ini juga menyebutkan, ada ratusan pondok pesantren yang berada di Muba dan terus didukung oleh Pemkab Muba.

“Saat ini pula kita telah mendirikan pondok pesantren gratis bagi warga pra sejahtera di Muba. Di ponpes Salamun Aitam itu, semua santri difasilitasi secara gratis ditanggung oleh Pemkab Muba,” kata Cucu Pendiri NU Sumsel, Noerdin Pandji tersebut.

Ia berharap, akan terus bermunculan santri berprestasi asal Muba dan terus turut serta ikut andil memberikan kontribusi positif demi kemajuan Muba.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi selaku Bendahara PCNU Muba, para Staf Ahli, para Asisten dan Kepala PD di lingkungan Pemkab Muba. (shir/onk)