Ziarah Muassis NU Rubaru, Cara Ansor Kenang Jasa Pejuang

Sumenep – Unntuk pertama kalinya, Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Rubaru, Sumenep mengadakan agenda “Ziarah Muassis Nahdlatul Ulama Kecamatan Rubaru”.

Kali ini ziarah ke makam tiga tokoh pendiri NU di Rubaru, yakni KH Ali Ridha, KH Hasyim Asyari, dan Kiai Abd Wahid Nur.

Kegiatan ini tindak lanjut dari ide Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Kecamatan Rubaru, Kiai Zuhdi.

Ia merasa prihatin mengingat selama periode kepengurusan Ansor di Kecamatan Rubaru belum pernah ada kegiatan ziarah ke makam para Kiai yang telah berjasa menghidupkan Ranting NU di desanya masing-masing.

“Kita ini kadang-kadang suka berziarah ke Maqbarah para Muassis NU di daerah-daerah lain. Itu bagus. Tapi sayang, kadang kita justru abai atau melupakan para Kiai di Kecamatan kita sendiri yang sudah bersusah payah menghidupkan Nahdhatul Ulama,” kata Kiai Zuhdi, usai ziarah, Jumat, 11 Oktober 2019.

Kegiatan Ziarah Muassis Nahdhatul Ulama Kecamatan Rubaru dimulai dari Maqbarah almarhum almaghfurlah KH Ali Ridha, Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Bunbarat. Dilanjut ke Maqbarah almarhum almaghfurlah KH Hasyim Asyari, pengasuh Pondok Pesantren Al-Islamiyah Pakondang.

Dan terakhir ke Maqbarah almarhum almaghfurlah Kiai Abd Wahid Nur, pengasuh Lembaga Pendidikan Islam Nurur Rasyad Duko.

Sehabis pembacaan Yasin dan Tahlil, di dua lokasi Maqbarah, para peserta ziarah juga sempat “dijamu” oleh putra almarhum dengan suguhan istimewa. Obrolan ganyeng seputar sejarah hidup ayahandanya sebagai perintis awal berdirinya ranting NU bahkan di level MWC NU Rubaru juga sempat dijelaskan secara panjang lebar kepada para pengurus dan anggota PAC GP Ansor Rubaru.

Di akhir perbincangan, salah satu putra dari almarhum almaghfurlah bahkan memberikan dukungan penuh sekaligus harapan kepada Ansor Rubaru supaya kegiatan Ziarah Muassis NU ini menjadi agenda rutin.

“Semua Maqbarah Muassis NU di Kecamatan Rubaru harus diziarahi sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada beliau-beliau yang telah berjasa membesarkan NU di kecamatan Rubaru,” ujarnya. (ari/rus)

Terkait

Daerah Lainnya

SantriNews Network