Daerah

Sambut Hari Santri, Jaman Jatim Bincang Kemandirian Santri

Jum'at, 18 Oktober 2019 21:30 wib

...

Surabaya – Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2019, Dewan Pimpinan Daerah Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) Santri Jawa Timur, menggelar talkshow di Gedung UIN Sunan Ampel Surabaya, Jumat, 18 Oktober 2019.

Talkshow bertajuk “Santri Siap Mandiri” itu menghadirkan tiga narasumber, yaitu KH Zahrul Azhar alias Gus Hans (Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, Paterongan, Jombang), H Syamsul Arifin, (anggota FKB DPRD Jatim) dan Hj Nur Cita Qomariyah (CEO Cita Entertainment).

Dalam paparannya, Gus Hans menegaskan, bahwa santri sejak awal sudah diajari hidup mandiri di pondok pesantren.

Di pesantren, kata Gus Hans, santri diasah kemampuan diri dan ditanamkan optimisme bahwa santri akan mampu berkiprah di berbagai sektor kehidupan.

“Kita diyakinkan menjadi apa saja yang kita inginkan dengan kesungguhan dan keyakinan yang kuat,” kata Gus Hans di hadapan sekira seratus peserta.

Gus Hans berkisah tentang pengalaman dirinya yang berlakar belakang pesantren yang mengelola berbagai program di televisi nasional.

Di dalam program itu, Gus Hans memotivasi masyarakat agar memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya pendidikan, kreativitas dan ide-ide inovasi lainnya.

“Banyak elemen masyarakat yang perlu kita fasilitasi seperti anak-anak di kampung Dolly, bagaimana dulu mereka berusaha lepas dari kehidupan di lingkungannya yang merupakan dunia malam,” ujarnya.

“Di sana bukan cuma diajari dakwah saja namun bagaimana menumbuhkan bakat-bakat yang dimiliki diantaranya di dunia entertaimen dan usaha halal lainnya,” paparnya. (red/onk)