Daerah

Terima Anugerah Madura Award, Fattah Jasin: Saya Dedikasikan untuk Masyarakat Sumenep

Sabtu, 21 Desember 2019 01:00 wib

...
Kepala Bakorwil Madura, Fattah Jasin saat menerima Anugerah Madura Award 2019 (santrinews.com/mahrus)

32 tahun Fattah Jasin mengabdi sebagai birokrat. Jabatan kepala di tujuh dinas sukses ia emban.

Sumenep – Mantan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Fattah Jasin dinobatkan sebagai tokoh terpopuler di ajang Madura Award 2019. Ia yang kini menjabat Kepala Bakorwil Madura mengungguli sembilan nominatar lainnya dalam kategori tokoh pejabat.

“Anugerah ini merupakan amanah bagi kami untuk bekerja lebih sungguh-sungguh,” kata Fattah Jasin saat ditemui usai menerima anugerah Madura Award di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Jumat malam, 20 Desember 2019.

Baca juga: Doakan Fattah Jasin, Kiai Azaim Titip Nasib Tanah dan Kepulauan Sumenep

Selain para nominator, Malam Anugerah Madura Award 2019 dihadiri sejumlah pejabat dari empat kabupaten di Madura. Antara lain Bupati Sumenep KH A Busyro Karim, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Wakil Bupati Pemekasan Raja’ie, Bupati Sampang H Slamet Junaidi, dan Bupati Bangkalan KHR Abdul Latif Imron.

Fattah Jasin sama sekali tak menyangka dirinya bisa terpilih sebagai tokoh pejabat terfavorit dan terbanyak pilihan masyarakat Madura. “Diluar dugaan,” tegas pria kelahiran Sumenep, 25 April 1962 ini.

Ia menduga pilihan masyarakat itu didasari pengabdian panjang yang ia jalani sebagai birokrat. Selama 32 tahun berkarir sebagai birokrat di lingkungan Pemrov Jatim, ia pernah bertugas di tujuh kepala dinas.

Baca juga: Ulama Madura Deklarasi Anti Wahabi

Kepala Dinas Perhubungan Jatim adalah jabatan terakhir yang ia emban sebelum di Bakorwil Madura.

Dalam setahun terakhir ia mengeluarkan banyak kebijakan yang bersentuhan dengan kepentingan masyarakat Madura, terutama masyarakat Kepulauan, Sumenep.

Itulah diantara yang mungkin mendasari masyarakat Madura melabuhkan pilihannya kepada Fattah Jasin.

“Rasanya juga mungkin karena saya banyak memberikan kebijakan-kebijakan yang mengarah dan membantu di Sumenep dan Kepulauan saat-saat terakhir di Dinas Perhubungan,” ungkapnya.

Di sisa waktu pengabdiannya sebagai birokrat, Fattah Jasin berjanji akan mewakafkan hidupnya untuk kepentingan masyarakat Sumenep.

“Saya wakafkan diri saya untuk mengatasi persoalan disparitas kemiskinan dan pemerataan pembangunan di Madura dan Sumenep,” tukasnya.

“Anugerah (Madura Award 2019) ini saya dedikasikan untuk kedua orangtua saya dan masyarakat Sumenep.”

Baca juga: 32 Tahun Bangun Jatim, Fattah Jasin Resmi Daftar Bacabup Sumenep

Fattah Jasin termasuk diantara lima nama yang tengah berebut rekomendasi PKB sebagai bakal calon bupati Sumenep pada Pilkada 2020 mendatang.

Bukan hanya di kategori tokoh pejabat. Fattah Jasin bahkan mengungguli nominator lainnya di empat kategori Madura Award 2019, yakni kategori tokoh pendidikan, tokoh muda, tokoh politik, dan tokoh perempuan inspiratif.

Dengan demikian, Fattah Jasin berhak mendapat hadiah umrah gratis dari Alfatur Umrah Travel. (rus/hay)