Daerah

Sukseskan Perayaan Natal, Khofifah: Bagian dari Penguatan Spiritualitas

Senin, 23 Desember 2019 13:00 wib

...
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengendarai sepeda motor untuk memantau kesiapan perayaan Natal di beberapa gereja (santrinews.com/istimewa)

Surabaya – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh umat beragama untuk bersama-sama menjaga kelancaran peribadatan umat Kristiani pada perayaan Natal 2019.

Keikutsertaan seluruh masyarakat dalam menyukseskan pelaksanaan Natal tersebut, kata Khofifah, merupakan bagian dari penguatan spiritualitas guna membangun keamanan bangsa dan negara.

“Pastikan semua proses penyelenggaraan peribadatan bisa berjalan dengan aman dan kita akan menjadi bagian dari penguatan spiritualitas untuk membangun bangsa dan negara kita,” kata Khofifah usai memantau kesiapan Natal di beberapa gereja di Surabaya, Senin 23 Desember 2019.

Khofifah memantau beberapa gereja bersama Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan dan Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi. Di antara gereja yang dikunjungi adalah Gereja Gembala yang Baio dan Gereja di Jalan Jemur Handayani, dan Gereja Kristen Indonesia di Jalan Ngagel Jaya Utara.

Khofifah berharap, seluruh proses peribadatan Natal 2019 bisa berjalan lancar. Harapan tersebut bisa terwujud jika seluruh elemen masyarakat lintas agama bisa membangun harmonisasi antarumat beragama.

“Keberagaman, kebhinekaan, heterogenitas harus dijadikan referensi untuk menjadi bangsa ini penuh kearifan. Bangsa ini harus tetap membangun persaudaraan antar sesama manusia, persaudaraan lintas agama, juga persaudaraan kebangsaan,” tegasnya.

Kepala Gereja Paroki Gembala, Romo Gregorius Kaha mengatakan, pada perayaan Natal 2019, dirinya akan mengajak jemaatnya merenungkan hidup bersaudara dengan semua orang dari semua umat beragama.

“Hiduplah bersaudara dengan semua orang. Kita ingin mengajak jemaat supaya secara ke dalam kita juga menghayati kebersamaan. Itu juga harus kita bagikan ke luar menjadi berkat,” ujarnya. (shir/onk)