Daerah

Unisma Dipercaya Latih 218 Guru Madrasah

Sabtu, 21 Desember 2013 20:27 wib

...
Salah seorang guru madrasah sedang mengajar murid-muridnya (setkab/santrinews.com)

Malang – Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi pelatih bagi guru-guru madrasah (MI, MTs, dan MA) se-Jatim untuk penerapan kurikulum 2013 di madrasah-madrasah.

Wakil Rektor III Unisma, Dr Masykuri Bakri mengatakan ada 218 guru madrasah yang dilatih Unisma tentang pengajaran kurikulum 2013 yang dilakukan 18-24 Desember di Batu ini.

“Kami kembali dipercaya Kementerian Agama (Kemenag) untuk memberi pelatihan kurikulum 2013 bagi guru madrasah ini. Bagi kami, ini amanat besar karena akan menentukan jalannya kegiatan belajar-mengajar (KBM) di madrasah-madrasah di Jatim,” kata Masykuri, Sabtu, 21 Desember 2013.

Pada pelatihan ini, seperti dilansir Surya, Unisma akan mengubah paradigma mengajar para guru ini dari yang sebelumnya teacher centries menjadi student centries. Sebab, lanjut Masykuri, inti kurikulum 2013 ini adalah guru hanya fasilitator dalam KBM.

“Penerapan kurikulum 2013 di madrasah-madrasah ini masih belum maksimal. Kami akan ubah paradigma mengajar mereka (para guru) saat pelatihan ini,” sambungnya.

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini ketika para gurunya selesai dilatih, ungkap Masykuri, siswa madrasah-madrasah di Jatim akan memiliki sikap percaya diri, toleran, berkarakter, komunikatif, dan kreatif. (onk/ahay)