Dunia

Galang Koalisi Lawan Jihadis ISIS, Menlu AS ke Arab Saudi

Rabu, 10 September 2014 01:04 wib

Washington – Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat John Kerry akan bertemu para Menlu Arab di Arab Saudi pada Rabu, 10 September 2014, besok. Ini dilakukan di tengah upaya AS untuk menggalang koalisi internasional melawan para militan ISIS alias Daulah Islamiyah.

Pertemuan tersebut akan digelar di kota Jeddah yang akan berlangsung hingga Kamis, 11 September mendatang. Pertemuan tersebut akan dihadiri para menlu dari Mesir, Yordania dan enam negara Teluk Arab serta Irak.

Dikatakan pejabat senior Kementerian Luar Negeri Mesir seperti dilansir kantor berita AFP yang dikutip Detik, Selasa 9 September 2014, para menlu tersebut akan bertemu Kerry sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi terorisme. Menlu Libanon Gebran Bassil juga akan ikut serta dalam pembicaraan tersebut.

Kerry bertolak ke Saudi sebagai upaya untuk membangun koalisi melawan kelompok jihadis ISIS, yang telah menguasai sejumlah wilayah di Irak dan Suriah.

Kerry bertekad akan membangun “koalisi mitra paling luas dari seluruh dunia untuk menghadapi, melemahkan dan pada akhirnya mengalahkan ISIS.”

“Hampir semua negara punya peran untuk dimainkan dalam memberantas ancaman ISIS dan kejahatan yang diwakilinya,” tandas Kerry. (saif/onk)