Dunia

Raja Abdullah Wafat, Putra Mahkota Salman Naik Tahta

Jum'at, 23 Januari 2015 12:48 wib

...
Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz (santrinews.com/dok)

Riyadh – Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz wafat dalam usia 90 tahun pada Jumat, 23 Januari 2015, dini hari waktu setempat. Putra Mahkota Salman bin Abdul Aziz (79 tahun), adik tiri Abdullah, secara otomatis naik tahta. Almarhum meninggalkan lebih dari 30 anak dari lebih sepuluh istri.

“Yang Mulia Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan semua anggota keluarga dan rakyat berduka atas meninggalnya Wali Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdul Aziz, yang meninggal dunia pukul satu dini hari tadi,” demikian pernyataan pemerintah Saudi seperti dikutip kantor berita Reuters.

Abdullah sudah dirawat selama beberapa minggu terakhir di rumah sakit akibat infeksi paru-paru. Ia juga mengalami sejumlah gangguan kesehatan dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut harian Guardian, Abdullah terakhir kali dibawa ke rumah sakit pada 31 Desember 2014 lalu setelah menderita radang paru-paru (pneumonia). Kondisinya saat itu membaik beberapa hari kemudian.

Abdullah lahir di Riyadh tahun 1924. Ia adalah putra ke-13 dari Raja Abdul Aziz, pendiri Arab Saudi. Sistem takhta Arab Saudi sendiri menganut pewarisan dari putra tertua hingga termuda Abdul Aziz, tidak seperti sistem primogenitiur dari generasi satu ke generasi lainnya.

Abdullah memerintah Arab Saudi sebagai raja sejak 2005 setelah meninggalnya Raja Fahd. Namun, secara de facto Abdullah sudah memerintah Saudi sejak Raja Fahd, saudara tirinya itu, menderita stroke pada tahun 1995. Abdullah terpilih menjadi putra mahkota pada tahun 1982 setelah Raja Fahd naik tahta.

Pengganti Abdullah, Salman sebelum ditahbiskan menjadi Raja Arab Saudi, menjabat sebagai menteri pertahanan sejak 2012. Sebelumnya dia juga menjabat sebagai Gubernur Riyadh.

Salman juga telah menunjuk saudara termudanya, Pangeran Muqrin, yang menjabat sebagai Direktur Badan Intelijen Arab Saudi sebagai putra mahkota baru. (ahay)