Dunia

TV AS Tayangkan Dokumenter Nabi Muhammad

Selasa, 20 Agustus 2013 23:01 wib

...
Gambar ilustrasi (republika/santrinews.com)

Washington – Jaringan televisi AS menayangkan film dokumenter tentang Nabi Muhammad SAW. Tayangan tersebut dimulai pekan ini.

“Sebagian dari masyarakat Eropa dan AS tidak tahu tentang Islam dan memiliki ketakutan mendalam terkait pertumbuhan populasi Muslim,” ungkap John Esposito, profesor studi Islam di Universitas Georgetown, seperti dilansir The Huffington Post, Senin, 19 Agustus 2013.

Film berjudul “Life of Muhammad” ini akan ditayangkan jaringan PBS. Sesuai judulnya, dokumenter ini akan dibagi menjadi tiga bagian, seperti awal kehidupan Rasulullah SAW, Israa dan Miraj dan warisan setelah meninggalnya beliau. 

Dokumenter ini juga tetap menjaga tradisi Islam yang tidak menggambarkan wajah dari sosok Rasulullah. “Saya pikir ini merupakan wujud keseimbangan dari banyaknya opini negatif terhadap Rasulullah,” kata dia.

Sutradara, Faris Kermani memastikan tidak ada kontroversi dalam film yang dibuatnya. Itu sebabnya, ketika meriset film ini, ia dan berserta timnya mewawancarai berbagai ulama tanpa memasukan persepektif berbeda.

“Kami memahami perlu menghormati pandangan Muslim saat ini,” kata dia. Ibrahim Hooper, Direktur Komunikasi Nasional, Dewan Hubungan Amerika-Islam, menyambut baik tayangan dokumenter ini. 

“Penelitian kami telah menunjukkan pengetahuan tentang Islam dan Muslim pada umumnya sangat rendah di AS,” kata dia. (rep/jaz)