Humor

Kiai dan Sopir Bus Rebutan Masuk Surga

Jum'at, 15 November 2013 15:33 wib

...
Alm. K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

ALKISAH, terjadi pada saat seleksi penerimaan penghuni surga. Sampai akhirnya tiba pada dua anggota peserta terakhir yang akan terseleksi, yakni seorang kiai dan sopir bus Sumber Kencono yang terkenal suka ngebut dan ugal-ugalan dalam mengemudikan kendaraannya sewaktu masih hidup.

Singkat cerita, ternyata yang masuk menjadi penghuni surga adalah sopir bus Sumber Kencono.

Sang kiai protes keras kepada malaikat. Kenapa tidak dirinya yang masuk surga, padahal sewaktu di dunia dia terkenal sebagai muballigh yang giat menyebarkan syiar Islam dan biasa mengisi khuthbah Jumat?
Kenapa kok malah yang masuk surga seorang sopir bus yang record ugal-ugalannya tertinggi di catatan kantor polisi?

Malaikat menjawab enteng. “Kamu tidak saya masukkan surga karena sering ketika berkhutbah di dunia kamu tidak pernah memperhatikan yang mendengarkan, kamu terlalu panjang dalam berkhutbah yang akhirnya banyak yang mendengarkan menjadi tertidur dan terlupa kepada Allah SWT”.

Kiai itu hanya manggut-manggut mengiyakan. “Tapi sopir itu kok dimasukkan surga,” kata kiai itu dalam hatinya penasaran.

“Sedangkan si sopir bus itu justru karena ugalan-ugalannya dan ngebutnya itu menyebabkan para penumpangnya ketakutan sehingga tidak henti-hentinya menyebut nama Allah SWT,” kata malaikat menjawab penasaran sang kiai itu.

Alhasil. Sering ke masjid tidak menjamin seseorang selalu mengingat Allah. Kadang ada yang lebih sering mengingat Allah justru ketika dirinya berada di tempat yang menurut kebanyakan orang adalah tempat maksiat. Wallahu a’lam bi as shawab. (*)