Iqtishodiyah

BRI Syariah Perkenalkan Produk Sukuk Negara Ritel 007 di Sulsel

Selasa, 03 Maret 2015 23:44 wib

...
Direktur Bisnis UMKM Bank BRI menyerahkan bantuan kepada warga Kedoya Jakarta, Senin 9 Februaro 2015 (santrinews.com/dok)

Makassar – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah memperkenalkan dan menawarkan produk Sukuk Negara Ritel (Sukri) 007 untuk investor perorangan sebagai alternatif instrumen investasi berbasis syariah di Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, 2 Maret 2015.

Pengenalan yang dilakukan Pimpinan Cabang BRI Syariah Makassar, Rahmadiannur, dilakukan dalam investor dan media gathering yang dihadiri oleh undangan calon investor yang terdiri dari nasabah existing dan calon nasabah BRI Syariah.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan donasi pendidikan kepada SD Inpres Sailong. Kegiatan serupa juga diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat pada 23 Febuari 2015 dan Malang, Jawa Timur, pada 26 Febuari 2015 dengan mengundang 150 investor di setiap kota tersebut.

“Bussiness gathering” ini dilakukan untuk sosialisasi dan sekaligus edukasi literasi keuangan bagi masyarakat.

PT Bank BRI Syariah tahun 2015 ini kembali terpilih menjadi salah satu agen penjua produk Sukuk Negara Ritel seri SR 007.

Menurut Rahmadiannur, seperti dilansir Antara, Sukuk Negara Ritel (SR 007) adalah surat berharga yang diterbitkan oleh Pemerintah RI berdasarkan prinsip Syariah yang ditawarkan kepada investor perorangan (WNI) di pasar perdana dalam negeri.

“Tujuan diterbitkannya adalah untuk membiayai anggaran pendapatan dan belanja negara. Adapun manfaatnya diantaranya diversifikasi sumber pembiayaan APBN, memberikan alternatif instrumen ritel berbasis syariah bagi investor, dan memperluas basis investor surat berharga negara di pasar domestik,” katanya.

Selain BRI Syariah ada 17 bank umum lainnya dan lima perusahaan efek yang berpartisipasi membantu Pemerintah sebagai agen penjual dalam penerbitan Sukuk Negara Ritel di tahun 2015 ini.

“Melalui investasi di Sukuk Negara Ritel ini maka selain dapat berinvestasi pada instrumen surat berharga yang aman dengan imbal hasil tinggi, investor juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme karena dengan membeli sukuk akan secara tidak langsung membantu Pemerintah dalam mengurangi ketergantungan terhadap pinjaman luar negeri,” katanya.

Menurut Rahmadiannur, sebagai salah satu Agen Penjual SR 007 yang ditunjuk pemerintah, BRIS yariah ikut memasarkan dan membantu investor yang berminat dalam pemesanan SR 007 di pasar perdana serta sebagai bertindak sebagai standby buyer jika ada penjualan kembali di pasar sekunder.

“Kami akan menyediakan informasi harga wajar melalui website corporate yang dapat diakses oleh investor,” katanya. (shir/onk)