Khazanah

Tips Menggunakan Hijab bagi Pemula

Selasa, 15 Januari 2013 20:44 wib

Selamat ya, Anda sudah punya ‘kemasan baru’ yang lebih muslimah dan bersahaja. Namun masih minder dan aneh nih karena baru pertama kali pakai. Nggak masalah, Ladies. Agar Anda lebih nyaman dalam berhijab, Vemale punya beberapa tips yang akan mempermudah hari-hari Anda.

1. Memilih baju yang nyaman

Kenyamanan itu nomer satu. Menggunakan pakaian panjang untuk pertama kali akan terasa tidak nyaman bila Anda tidak memilih pakaian dengan bahan yang ramah dengan kulit. Tips dari Vemale, gunakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri. Pakaian dari bahan kaos, rayon, katun dan chiffon yang ringan bisa menjadi alternatif. Pilihlah model yang fit di tubuh. Tidak terlalu lebar seperti seprei tapi juga tidak terlalu ketat sehingga membuat Anda tidak leluasa bergerak. Yang pasti, menutup seluruh aurat tubuh.

2. Mengumpulkan ‘amunisi’ hijab

Tentu saja Anda perlu mengumpulkan segala perlengkapan hijab. Mulai dari kebutuhan dasar hingga pernak-pernik, baca artikel Vemale bila Anda masih bingung apa saja perlengkapan dasar hijab. Jangan buru-buru membeli semuanya bila Anda memang belum bisa, koleksilah secara bertahap mulai dari yang primer seperti inner dan hijab dengan warna dasar, hingga pernak-pernik dan pashmina bercorak atau dengan model yang lebih update saat ini.

3. Komentar orang

Anda akan menemukan banyak komentar dan respon yang positif hingga negatif. Itu adalah hal yang wajar, Ladies. Banyak orang yang mengalaminya. Anda bukan menjadi tidak keren dengan hijab, hanya saja beberapa orang belum bisa beradaptasi dengan penampilan baru Anda yang lebih bersahaja. Jangan berkecil hati, karena lama-lama Anda akan menemukan gaya hijab Anda sendiri yang akan membuat Anda merasa nyaman tanpa harus terlalu mengambil hati omongan orang.

4. Tentang Tren

Saat ini busana hijab sudah banyak mengalami perkembangan. Nggak heran kalau kita sering melihat hijabers yang cantik dan anggun dengan gaya khas jaman sekarang. Ada juga yang masih menggunakan gaya hijab klasik yang sederhana dan simple. Yang manapun gaya Anda, semuanya baik selama diniati dengan baik dan bukan hanya gaya-gayaan saja.

5. Join Community

Bila Anda masih kurang pede dengan penampilan baru Anda berhijab, cobalah untuk mengikuti komunitas hijab yang sekarang menjamur di Indonesia. Selain berbagi info dan tips cantik berjilbab, biasanya komunitas hijab memiliki agenda kegiatan bermanfaat lainnya seperti pengajian bersama, sharing atau kegiatan yang berhubungan dengan alam. Jadi selain dapat teman baru, kita juga dapet ilmu baru. Jangan ragu membuka koneksi kita dengan orang baru, Ladies.

Semoga tips di atas bermanfaat buat Anda yang baru menggunakan hijab, Ladies. Tetap cantik dan bersahaja dari luar hingga dalam.