Nasional

KH Said Aqil Kenang Sosok Ibunda Jokowi

Kamis, 26 Maret 2020 00:30 wib

...
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj (kiri) bersama Ibunda Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo (kanan) menghadiri pengajian akbar di Pondok Pesantren Zumrotutholibin, Andong, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat malam, 18 Januari 2019 (santrinews.com/antara)

Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengenang ibunda Presiden Joko Widodo, Hj Sujiatmi Notomiharjo sebagai sosok perempuan sederhana, ramah, dan taat beribadah.

“Sederhana, bergaul dengan siapapun dengan baik, menerima tamu siapapun dengan ramah, saya berkali-kali jumpa dengan beliau,” kata Kiai Said, dikutip dari video yang diunggah akun Instagram milik staf khusus Wapres, Robikin Emhas.

Baca juga: Khofifah: Ibunda Presiden Jokowi Itu Muslimat NU

Sujiatmi meninggal dunia di usia 77 tahun, di RST Tingkat III Slamet Riyadi Surakarta, Solo, pada Rabu, 25 Maret 2020, pukul 16.45 WIB. Almarhumah sudah lama menderita sakit kanker.

Kiai Said menambahkan, Sujiatmi merupakan sosok ibu yang berhasil mendidik anak-anaknya hingga bisa bermanfaat bagi bangsa.

“Selama hidupnya, beliau tekun, berjuang membesarkan putra-putrinya dan sukses berhasil putra-putrinya menjadi anak-anak yang bermanfaat bagi bangsa, terutama putra sulungnya yang sekarang mendapat amanat menjadi presiden RI,” ujarnya.

Ia meyakini almarhumah Sujiatmo meninggal dalam keadaan husnul khatimah. “Kami menyaksikan beliau adalah perempuan, seorang ibu yang sederhana, taat beribadah, rajin menghadiri majelis taklim, pengajian.”

Baca juga: PDIP Sumenep Shalat Ghaib untuk Ibunda Jokowi

Kiai Said mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran. Khusus untuk Presiden Jokowi, Kiai Said mendoakan agar diberikan hati yang lapang ditinggalkan ibunda di tengah perjuangan menyelesaikan wabah virus Corona di Indonesia.

“Mudah-mudahan Allah berikan kekuatan lahir batin kepada beliau, sebagai presiden yang bertanggung jawab dan seorang yang penuh perhatian kepada rakyatnya, presiden yang sangat sayang kepada rakyatnya insyaallah akan memberikan kekuatan lahir batin kepadanya,” ujarnya. (us/hay)